Astra Dukung Paviliun Indonesia dalam Ajang Expo 2020 Dubai

Erika Dyah - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 19:54 WIB
Astra Dukung Paviliun Indonesia dalam Ajang Expo 2020 Dubai
Foto: Astra Internasional
Jakarta -

Astra turut mendukung Paviliun Indonesia dan memeriahkan Indonesia National Day pada Expo 2020 Dubai. Diketahui, kegiatan ini mengangkat kekayaan budaya, keindahan alam, serta peluang perdagangan Indonesia di mata dunia.

Diketahui, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bersama Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi dan beberapa menteri terkait lainnya, serta Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengunjungi Paviliun Indonesia dan menghadiri Indonesia National Day pada Rabu (4/11). Rombongan ini hadir untuk menyaksikan pertunjukan spektakuler bagi peserta Expo 2020 Dubai.

Direktur Astra, Gita Tiffani Boer mengungkap hingga awal November 2021, Paviliun Indonesia telah menarik lebih dari 200.000 pengunjung.

Ia menambahkan, kegiatan Indonesia National Day yang baru saja digelar merupakan perhelatan akbar bagi Indonesia yang diadakan di panggung utama Al Wasl Plaza, Expo 2020 Dubai. Kegiatan ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat dunia dan peserta dari 192 negara.

"Dukungan Astra kepada Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai diharapkan dapat menarik potensial buyer, investor, dan wisatawan dari penjuru dunia,
mengingat Indonesia menghadirkan keragaman kekayaan budaya, keindahan alam, dan peluang investasi Indonesia yang dikemas dengan visualisasi yang menarik," ujar Gita dalam keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021).

Gita mengatakan kontribusi Astra untuk Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai ini juga merupakan wujud apresiasi kepada negara-negara di Kawasan Timur Tengah. Mengingat, Kawasan Timur Tengah merupakan mitra penting bagi Indonesia, yakni sebagai negara tujuan ekspor kendaraan roda empat dari Indonesia.

Ia menerangkan, di sepanjang bulan Januari hingga September tahun 2021, Grup Astra bersama prinsipal telah mengekspor beberapa produk Toyota ke 12 negara di Timur Tengah dan Afrika, yakni Bahrain, Iraq, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yaman, Libya, Maroko, Sudan dan Tunisia. Adapun produk yang diekspor antara lain Fortuner, Innova, Sienta, Vios, Yaris, Avanza, dan Rush.

Menurut Gita, total ekspor produk Toyota dan Daihatsu dari Grup Astra pada periode Januari hingga September 2021 ke lebih dari 80 negara mencapai 131.094 unit atau mencapai 63,2% dari total ekspor kendaraan roda empat nasional.

Lebih lanjut, Gita membahas soal Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai yang mengusung konsep Creating the Future, From Indonesia to the World. Adapun kegiatan ini diresmikan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi pada Jumat (1/10).

Ia menjelaskan Expo 2020 Dubai menghadirkan tema-tema khusus bagi 192 paviliun, yaitu sustainability district, mobility district, dan opportunity district. Paviliun Indonesia berada di opportunity district dengan konsep Indonesia Emas 2045. Dalam kegiatan ini, Paviliun Indonesia yang terdiri dari tiga lantai menempati lahan seluas 1.860 m2 dan luas bangunan sekitar 3.000 m2.

Gita mengungkap pihaknya turut berkontribusi dalam tema mingguan yang telah disusun oleh Paviliun Indonesia selama enam bulan ke depan, yakni hingga 31 Maret 2022. Ia menjelaskan tema mingguan dari Paviliun Indonesia mengangkat keragaman potensi dan keunggulan Indonesia di bidang perdagangan, investasi, budaya, dan pariwisata. Serta peranan Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan dengan fokus pada pembangunan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim.

Menurut Gita, berbagai dukungan Astra terhadap Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

Sebagai informasi, Paviliun Indonesia telah lima kali berpartisipasi pada ajang seperti Expo 2020 Dubai. Sedangkan bagi Astra, dukungan ini merupakan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya turut mendukung pelaksanaan Expo 2010 Shanghai dan Expo 2015 Milan.

(fhs/ega)