ADVERTISEMENT

KPK Usut Dugaan Korupsi Formula E, Wagub DKI: Jakpro Akan Beberkan Fakta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 17:35 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI siap berlaku kooperatif dan akan hadir jika dipanggil KPK terkait dugaan korupsi Formula E. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan JakPro dan Dinas Pemuda dan Olahraga DKI akan memberikan keterangan sesuai dengan fakta yang ada.

Untuk diketahui, JakPro bertindak sebagai penyelenggara ajang Formula E di Ibu Kota. Sedangkan Dispora sebagai pihak yang membayarkan commitment fee senilai Rp 560 miliar.

"Kami jajaran kami nanti dari JakPro dan Dispora akan berikan keterangan semua fakta dan kondisi," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (5/11/2021).

Politikus Gerindra itu juga berharap proses hukum yang berjalan di KPK tak mengganggu persiapan Formula E di tahun depan. Menurutnya, tak ada kerugian negara karena Formula E sesuai dengan laporan BPK.

"Harapannya bisa dilaksanakan sebagaimana yang sudah direncanakan, sesuai juga laporan BPK. Semua ini nggak ada kerugian negara," tegasnya.

Sebelumnya, KPK mulai menyelidiki kasus dugaan korupsi Formula E DKI Jakarta. KPK pun telah meminta keterangan kepada beberapa pihak untuk mengumpulkan data perihal kasus ini.

"Betul, KPK sedang meminta permintaan keterangan dan klarifikasi kepada beberapa pihak guna mengumpulkan bahan data dan keterangan ataupun informasi yang diperlukan oleh tim penyelidik," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Ali menerangkan, pengusutan kasus dugaan korupsi Formula E DKI Jakarta ini sebagai tindak lanjut laporan dari masyarakat. Ali menyebut pihaknya saat ini dalam tahap penyelidikan untuk pengumpulan keterangan.

"Kegiatan ini tentu sebagai tindak lanjut dari informasi yang disampaikan masyarakat ihwal penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta kepada KPK. Namun, karena masih proses awal pengumpulan bahan keterangan, maka materi penyelidikan tidak bisa kami sampaikan saat ini," ucapnya.

(taa/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT