Hari Wayang Nasional 7 November, Ini Serba-serbinya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 10:00 WIB
Dalang senior Radiman Dimansyah mempertunjukkan wayang Sampir saat pergelaran budaya di Taman Wisata Pagat, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Sabtu (2/10/2021). Pertunjukan wayang Sampir tersebut bertujuan untuk suatu hajat tertentu yang disebut manyampir, merupakan ritual yang dipimpin oleh dalang untuk mengusir roh-roh jahat yang menggangu kehidupan manusia serta menjadi hiburan bagi masyarakat. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.
Hari Wayang Nasional 7 November, Ini Serba-serbinya -- ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S)
Jakarta -

Hari Wayang Nasional diperingati pada tanggal 7 November setiap tahunnya. Tahun ini, Hari Wayang Nasional jatuh pada hari Senin.

Wayang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa Indonesia. Maka dari itu dirasa sangat penting untuk memperingati Hari Wayang Nasional

Simak informasi di bawah ini mengenai Hari Wayang Nasional yang sudah kami rangkum.

Hari Wayang Nasional Diperingati Sejak 2018

Hari Wayang Nasional baru diperingati semenjak tahun 2018 lalu. Keputusannya terbit pada tanggal 17 Desember 2018.

Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Hari Wayang Nasional. Selain itu, ditegaskan dalam Keppres tersebut, Hari Wayang Nasional bukan hari libur.

"Menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional," bunyi diktum KESATU Keppres tersebut.

"Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," bunyi diktum KETIGA Keppres Nomor 30 Tahun 2018, yang telah ditetapkan di Jakarta pada tanggal 17 Desember 2018.

Hari Wayang Nasional: Wayang Warisan Budaya UNESCO

Seni Wayang semakin mendunia setelah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Penetapan itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap wayang Indonesia.

UNESCO memasukan Wayang ke dalam daftar Budaya Takbenda Warisan Manusia atau Intangible Cultural Heritage of Humanity. Hal ini merupakan pengakuan internasional yang mampu meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan terhadap wayang Indonesia.

Hari Wayang Nasional Berdasarkan Usulan Seniman

Presiden Joko Widodo menyetujui usulan seniman dan budayawan yang hadir dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (11/12/2018). Pertemuan itu membahas penetapan tanggal Hari Wayang Nasional.

"Ini memang usulan yang datang dari masyarakat ya. Dan beliau tadi secara langsung diambil suratnya, ditandatangani di tempat. Sehingga sekarang tanggal 7 November, yaitu tanggal penetapan wayang sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO itu ditetapkan sebagai Hari Wayang Nasional," kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, kepada wartawan usai bersama sejumlah seniman dan budayawan bertemu Presiden.

Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap upaya pemajuan wayang Indonesia, Pemerintah menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Harapannya, di Hari Wayang Nasional ini seni Wayang bisa lebih dikenal banyak orang, apalagi di masa modern seperti sekarang.

Simak juga 'Keren! Wayang Paralon Rakitan Pelajar SMP di Majalengka':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)