Cegah Lonjakan COVID-19 saat Nataru, Ini Pesan Satgas untuk RS

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 13:28 WIB
Kalender tahunan. dikhy sasrailustrasidetikfoto
Foto: detikcom/Dikhy Sasra
Jakarta -

Pemerintah terus melakukan upaya antisipasi kenaikan kasus COVID-19 menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Salah satunya dengan mengawasi tingkat keterisian di rumah sakit agar pasien bisa mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan.

"Termasuk tingkat keterisian rumah sakit. Hal ini bertujuan untuk menekan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan semaksimal mungkin," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito dikutip dari laman resmi covid19.go.id, Jumat (5/11/2021).

Menurutnya rumah sakit perlu melakukan konversi tempat tidur pasien sebagai langkah penanganan apabila ketersediaan tempat tidur untuk COVID-19 sudah diatas ambang batas atau lebih dari 60%. Dengan begitu diharapkan semua pasien COVID-19 yang membutuhkan pertolongan medis dapat tertampung oleh rumah sakit.

Selain itu, Wiku menjelaskan pihaknya juga terus menyesuaikan kebijakan mengikuti perkembangan kasus terkini dan kondisi di lapangan yang mencakup pergerakan orang di berbagai lokasi, seperti di lokasi wisata, pertokoan dan tempat peribadatan, serta memperkuat vaksinasi dan protokol kesehatan.

(ega/ega)