Relawan Geruduk Kantor PON XX Papua di Mimika, Tuntut Upah Belum Dibayar

Aufa Saiman - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 12:35 WIB
Massa relawan PON XX Papua menggeruduk Kantor PON XX Papua di Mimika menuntut pembayaran gaji. (Aufa/detikcom)
Massa relawan PON XX Papua menggeruduk kantor PON XX Papua di Mimika menuntut pembayaran gaji. (Aufa/detikcom)
Mimika -

Massa relawan PON XX Papua menggeruduk kantor Bidang SDM PON XX Papua di Kabupaten Mimika. Mereka menuntut upah yang belum dibayarkan hingga saat ini. Ini merupakan kesekian kali massa menggeruduk kantor PON XX Papua karena upah yang tak kunjung dibayarkan.

Pantauan detikcom, Jumat (5/11/2021), massa yang terdiri dari liaison officer (LO), volunter, hingga petugas lapangan PON XX Papua menyampaikan orasi di kantor SDM PON XX Papua di Mimika menuntut upah segera dibayarkan. Massa juga melakukan aksi bakar ban dan menutup jalan di sekitar kantor tersebut.

Kabag Ops Polres Mimika AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan mengatakan relawan membakar ban di Jalan Hasanuddin karena mereka menuntut hak yang menjadi relawan pada PON XX lalu.

Massa juga sempat menutup jalan lantaran kesal honor mereka tidak cepat dibayarkan. Massa akhirnya membuka penutup jalan setelah polisi bernegosiasi.

"Iya tadi sempat bakar ban dan palang Jalan Hasanuddin, karena tidak puas terkait belum ada pembayaran. Hasil negosiasi dan penjelasan dari Sekum PB PON sudah dijelaskan, waktu dan hari juga sudah dijelaskan," kata Dion saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Sekretaris Umum PB PON Sub Mimika Cessar A Tunya mengatakan tuntutan massa adalah segera dilakukan pembayaran, namun proses pembayaran untuk kepastiannya dilakukan PB PON Provinsi (Jayapura) dan saat ini prosesnya sedang berjalan untuk kelengkapan administrasi bank. Selanjutnya akan langsung ditransfer ke nomor rekening milik relawan yang sudah didaftarkan.

Untuk wilayah Mimika, tercatat ada 3.893 relawan PON XX Papua yang hingga kini belum menerima upah.

"Ada 3.893 relawan, semua belum dibayar," Kata Cessar saat ditemui di halaman kantor SDM PON XX Klaster Mimika.

Cessar menambahkan, saat ini pihaknya juga mengerti apa yang sedang dirasakan oleh relawan. Dia berharap relawan bersabar karena pembayaran gaji sedang dalam proses.

Lihat juga video 'Di Balik Kemegahan Tata Cahaya & Sound Closing Ceremony PON 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)