Bobby Minta Warganya Melapor Jika Temukan Tarif PCR Lebih dari Rp 300 Ribu

Antara News - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 03:51 WIB
Bobby Nasution (kanan) / Ahmad Arfah-detikcom
Foto: Bobby Nasution (kanan) / Ahmad Arfah-detikcom
Jakarta -

Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta warganya mengadukan jika menemukan tarif tes Polymerase Chain Reaction (PCR) lebih Rp 300 ribu. Aduan itu bisa disampaikan ke Satgas Penanganan COVID-19 Kota Medan.

"(Tempat warga melapor) ke satgas bisa," ujar Bobby, usai memimpin apel bersama Satpol PP Kota Medan di Lapangan Kebun Bunga Medan, seperti dilansir dari Antara, Jumat (5/12/2021).

Bobby memastikan Pemkot Medan tetap melakukan pengawasan penyelenggaraan layanan tes PCR agar sesuai tarif tertinggi pemeriksaan di luar Jawa dan Bali senilai Rp 300 ribu.

Pihaknya juga ingin memastikan tarif tes PCR sesuai ketetapan Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/1/3843/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan RT-PCR, mulai berlaku Rabu (27/10).

"Tapi perlu kita perhatikan waktunya, karena pelaku usaha ini main kan di waktu. Betul Rp 300 ribu, tapi hasilnya tiga hari. Kalau cepat, agak mahal. Mau lebih cepat lagi, naik lagi harganya," ujar Bobby.

Bobby juga meminta agar pelaku usaha dan masyarakat sebagai pengguna jasa untuk bisa kooperatif terkait penyelenggaraan tes PCR sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Beberapa kegiatan kan sudah berkurang tes PCR, seperti transportasi dan sebagainya. Kalau tetap pakai PCR saat berpergian, maka kapan harus tes PCR, hitung waktunya," kata Bobby

"Kalau untuk keperluan mendadak, ini juga perlu kita perhatikan," imbuhnya.

(fas/fas)