ADVERTISEMENT

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Diperingati 5 November, Ini Serba-serbinya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 19:13 WIB
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Diperingati 5 November, Ini Serba-serbinya
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Diperingati 5 November, Ini Serba-serbinya / Foto: detikcom/dikhy sasra

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional: Penyerahan Kucing Kuwuk ke Balai Besar KSDA Sumut

Masih dalam rangka menyambut Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, seorang warga Medan Johor bernama Muhammad Prayudhi, SP, menyerahkan sepasang anak Kucing Kuwuk (Prionailurus Bengalensis) kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara pada Selasa, 2 November 2021.

Prayudhi menjelaskan, awalnya ia membeli kedua hewan tersebut sebulan yang lalu di kota Binjai. Ia tidak mengetahui bahwa kucing kuwuk adalah hewan yang dilindungi Undang-Undang. Ia baru mengetahui infonya dari dokter hewan saat mengobati salah satu kucing tersebut yang kakinya pincang.

Akhirnya, Prayudhi segera mendatangi Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk menyerahkan kedua hewan tersebut. Kucing kuwuk itu berjenis kelamin jantan dan betina dengan umur sekitar 2 bulan.

Saat dievakuasi ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit, satu kucing dalam keadaan sehat dan satu kucing lainnya dalam kondisi patah tulang paha atas kanan dan paha tulang kaki kiri. Sebelum dilepasliarkan, keduanya akan menjalani perawatan terlebih dahulu.

Semoga dengan adanya Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, masyarakat semakin bangga akan keanekaragaman hayati di Indonesia. Selain itu, diharapkan kepunahan flora dan fauna di Indonesia juga semakin berkurang.


(imk/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT