Canggih! Pedagang di Mojokerto Bayar Retribusi Pasar Pakai QR-Code

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 17:52 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: Dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Pemerintah Kota Mojokerto meluncurkan inovasi E-Retribusi, yang dijuluki 'REJO ANGURIPI'. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan melalui inovasi ini, pedagang tidak perlu lagi menggunakan uang tunai dalam pembayaran retribusi pasar, melainkan cukup menggunakan QR-Code yang langsung terhubung dengan Bank Jatim.

"Jadi tidak perlu lagi menggunakan uang tunai seperti dulu, tapi sudah menggunakan Qr-Code dimana pembayarannya secara otomatis akan masuk ke rekening Bank Jatim menggunakan aplikasi Q- Ris. Dan ini disambut antusias oleh pedagang," ujar Ning Ita, sapaan akrab Ika Puspitasari, dalam keterangan tertulis, Kamis (4/11/2021).

Ning Ita melanjutkan aplikasi tersebut juga mampu melindungi baik pedagang maupun Dinas terkait, karena nominal retribusi akan sesuai dan tidak bisa di markup. Selain 500 pedagang pasar tradisional Pasar Tanjung Anyar, Pemkot Mojokerto juga akan melebarkan sasaran E- Retribusi pada enam pasar tradisional lain yang ada di Kota Mojokerto.

"Harapan kami ya seluruh pedagang di Kota Mojokerto akan bisa melek teknologi, dimulai dari pembayaran retribusinya sudah berbasis aplikasi dan non tunai," imbuh Ning Ita.

Adapun 'REJO ANGURIPI' merupakan merupakan anonim dari Retribusi Non Tunai Menjaga OPD dan Melindungi Pelaku Usaha dari Korupsi. Aplikasi ini dilaunching oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, di Pasar Tradisional Tanjung Anyar hari ini.

Tidak hanya melaunching, Ning Ita juga menyerahkan secara simbolis kartu E- Retribusi kepada sejumlah pedagang di Pasar Induk terbesar di Kota Mojokerto tersebut.

Diketahui, selama ini hampir seluruh pedagang di Kota Mojokerto telah menggunakan metode pembayaran non tunai dengan Aplikasi Q-ris dalam proses transaksi jual beli.

Turut hadir mendampingi Ning Ita dalam peluncuran 'REJO ANGURIPI', Sekretaris Daerah Kota Gaguk Tri Prasetyo. Deputi Direktur kantor perwakilan BI Jatim, Rini Mustika Ningsih. Deputi direktur pengawasan Bank OJK KR 4 Jatim, Budi Susetyo. Kepala DiskopUKMperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya selaku OPD pengampu, serta Kepala Kantor Cabang Bank Jatim Mojokerto Eko Yudi Prastowo.

(akn/ega)