Ingin Investasi Emas? Yuk Simak Tipsnya untuk Pemula

Sponsored - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 19:00 WIB
Ilustrasi Pegadaian
Foto: Dok. Pegadaian
Jakarta -

Di masa pandemi saat ini banyak masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya investasi. Investasi menjadi pilihan masyarakat untuk dapat mengamankan aset serta sebagai dana darurat, salah satunya investasi di bidang emas.

Emas tidak hanya populer sebagai alat untuk perhiasan namun juga sudah banyak dilirik sebagai salah satu aset investasi yang cukup menjanjikan. Pasalnya, emas merupakan jenis logam yang justru cenderung mengalami kenaikan harga dan jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan.

Meskipun melakukan investasi emas terlihat mudah, namun sebenarnya Anda tetap perlu cermat dan teliti dalam melakukan kegiatan investasi agar bisa memaksimalkan potensi keuntungan yang akan didapatkan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa tips investasi emas yang perlu diperhatikan oleh para pemula.

Pastikan Anda Sudah Menentukan Tujuan Investasi

Tips pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin melakukan investasi emas adalah pastikan sudah mengetahui dan menentukan tujuan investasi yang ingin Anda lakukan. Banyak tujuan yang bisa Anda tentukan dari awal sebelum mulai melakukan investasi semisal untuk tabungan pernikahan, untuk biaya pendidikan anak, ataupun untuk investasi hari tua.

Ketika Anda sudah mengetahui tujuan investasi yang jelas maka Anda pun akan lebih tahu mengenai berapa besaran nilai emas yang perlu diinvestasikan setiap bulannya atau setiap periode tertentu sesuai dengan kondisi. Tips ini relatif cukup aman untuk para pemula karena dengan demikian pemetaan kebutuhan pun bisa menjadi semakin lebih jelas.

Pantau Pergerakan Harga Emas Secara Berkala

Tips melakukan investasi emas yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah dengan memantau pergerakan harga emas di pasaran secara berkala. Meskipun Anda tidak melakukan transaksi pembelian emas setiap hari namun mengetahui kondisi pasar dan pergerakan harga emas merupakan langkah yang penting dalam investasi.

Dengan demikian, Anda bisa lebih memetakan dan memperkirakan kisaran biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan investasi emas di periode yang berikutnya. Investasi emas pada dasarnya adalah jenis investasi jangka panjang dan umumnya dijadikan aset dalam durasi antara 5 hingga 10 tahun.

Pastikan Membeli Emas di Tempat Yang Terpercaya

Tips investasi emas untuk pemula yang berikutnya adalah dengan memastikan Anda membeli emas tersebut di toko atau tempat yang terpercaya dan kredibel. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti emas palsu, tidak sesuai sertifikat, dan lain sebagainya.

Salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk membeli emas sebagai alat investasi adalah Galeri 24.

Pastikan Tempat Penyimpanan Emas Sangat Aman

Emas adalah salah satu jenis logam mulia yang sangat berharga. Oleh sebab itu, wajar jika banyak orang yang berminat terhadap logam ini. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda memilih tempat penyimpanan aset emas tersebut di tempat yang aman agar terhindar dari tindak kejahatan.

Jika Anda ingin menyimpan logam mulia tersebut di rumah, maka bisa menggunakan brankas dengan pengunci keamanan yang mumpuni. Namun jika Anda merasa kurang aman di rumah maka bisa menggunakan Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan oleh pihak bank dengan biaya penyimpanan tertentu sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

Sabar dan Disiplin

Salah satu hal penting dalam berinvestasi adalah perlunya kesabaran dan tidak tergoda untuk spekulasi, serta disiplin dalam eksekusi. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Tidak perlu memaksakan langsung membeli dalam jumlah besar bila belum mampu. Membeli dalam jumlah kecil tetapi rutin dan disiplin akan lebih membawa hasil.

Itulah beberapa tips investasi emas yang perlu diperhatikan untuk para pemula. Kini berbekal dengan adanya beberapa tips tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi mencari referensi terkait cara investasi emas yang baik dan aman untuk pemula.

Beli Emas di Galeri 24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero.

Dengan puluhan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat.

Informasi mengenai Galeri 24 dapat dilihat di www.galeri24.co.id. Selain itu, Galeri 24 juga merupakan tempat membeli emas perhiasan online terpercaya yang mempunyai e-Commerce resmi www.kataloggaleri24.com , toko online di Shopee, serta di Tokopedia. Selain itu, Galeri 24 juga memiliki mobile aplikasi yang dapat didownload melalui playstore dan Appstore

(Content Promotion/Pegadaian)