Gempa M 5,9 Dirasakan di Ambon, Warga Berlarian ke Luar Gedung

Muslimin Abbas - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 11:35 WIB
Guncangan gempa M 5,9 yang terjadi di Maluku Tengah terasa hingga Kota Ambon. Guncangan gempa membuat warga berhamburan keluar gedung. (Muslimin Abbas/detikcom)
Guncangan gempa M 5,9 yang terjadi di Maluku Tengah terasa hingga Kota Ambon. Guncangan gempa membuat warga berhamburan ke luar gedung. (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Guncangan gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,9 terjadi di Maluku Tengah, Maluku, terasa hingga Kota Ambon. Kondisi itu membuat tamu dan pegawai kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berhamburan ke luar gedung.

Pantauan detikcom, pegawai kantor Pemkot Ambon telah berada di luar gedung setelah merasakan guncangan gempa bumi yang terjadi. Setelah berada di luar gedung, para pegawai masih merasakan gempa susulan yang tidak terlalu.

"Rasa, tadi di dalam (dalam gedung) kira-kira ada 1 menit (gempa) pertama dan kedua, keluar semua pegawai demi keamanan mereka amankan diri, iya (tunggu tidak ada gempa susulan) ini menjaga kemungkinan," kata seorang warga, Ita De Fretes, di halaman parkir Kantor Pemkot Ambon, Kamis (4/11/2021).

Kondisi serupa terjadi di Hotel Swiss-Belhotel. Guncangan gempa membuat para tamu hotel keluar gedung.

"Ya tadi terasa gempa tapi tidak begitu besar. Setelah terjadi kami komunikasi dengan tim semuanya menyebar ke lantai mengiring tamu ke evakuasi di titik kumpul," kata Manager Hotel Swiss-Belhotel, I Ketut Gunarta.

Guncangan gempa M 5,9 yang terjadi di Maluku Tengah terasa hingga Kota Ambon. Guncangan gempa membuat warga berhamburan keluar gedung. (Muslimin Abbas/detikcom)Foto: Muslimin Abbas/detikcom

Pihak hotel juga berkomunikasi dengan BMKG. Setelah kondisi dinyatakan aman, para tamu kembali ke kamar hotel.

Meskipun merasakan guncangan gempa, warga Kota Ambon tetap beraktivitas normal. Belum ada informasi dampak kerusakan akibat gempa.

Terjadinya Gempa

Gempa M 5,9 terjadi di Maluku Tengah pada hari ini pukul 09.42 WIB. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pusat gempa berada di koordinat 2,81 Lintang Selatan (LS) dan 129,34 Bujur Timur (BT) atau pada 69 km timur laut Maluku Tengah.

BMKG meminta masyarakat waspada terhadap gempa susulan. Belum ada laporan terkait dampak gempa tersebut.

Gempa dirasakan paling kuat di Desa Sawai, Pulau Seram, Maluku Tengah. Guncangan gempa juga dirasakan di Desa Wahai, Pulau Seram.

Di Ambon, guncangan dirasakan dalam skala III MMI. Kondisi serupa dilaporkan terjadi di Masohi dan Saparua.

(jbr/jbr)