ADVERTISEMENT

Dahnil: Chemistry Pak Menhan Prabowo-Jenderal Andika Perkasa Kuat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 14:38 WIB
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Prabowo dan Andika memiliki chemistry yang kuat.

"Pada prinsipnya Menhan Prabowo mendukung siapa pun yang ditunjuk dan dipercaya Presiden sebagai Panglima TNI, dan siap bekerja sama untuk memperkuat pertahanan RI," kata juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Dahnil menuturkan Andika bukanlah sosok yang asing bagi Prabowo. Andika merupakan salah satu anggota Prabowo saat Ketua Umum Gerindra itu menjabat Danjen Kopassus.

Pengalaman Andika di lapangan juga tidak diragukan. Selain pengalaman tempur, kemampuan akademik KSAD itu baik.

"Pun demikian dengan Jenderal Andika Perkasa. Pak Menhan sudah mengenal beliau sejak lama, sejak beliau menjadi salah satu anggota Pak Prabowo di Kopassus. Chemistry Pak Menhan dengan Jenderal Andika sangat baik dan kuat, dan Jenderal Andika sosok yang paripurna sebagai Panglima," papar Dahnil.

"Selain berpengalaman sebagai Jenderal lapangan dan tempur, beliau (Andika) memiliki kapasitas akademik dan intelektual yang baik," imbuhnya.

Prabowo yakin bisa bekerja sama jika Andika menjabat Panglima TNI. Prabowo juga yakin Andika dapat bekerja dengan baik sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi Pak Menhan yakin bisa bekerja sama dengan baik dengan beliau sesuai dengan perintah dan petunjuk Presiden Joko Widodo untuk memperkuat dan meninggalkan legacy pertahanan RI, yang kuat di masa yang akan datang," sebut mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi resmi mengusulkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI ke DPR. Usulan Jokowi akan ditindaklanjuti oleh DPR dengan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk Andika.

(zak/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT