Sudirman Said Minta Suara Pemuda soal Korupsi dan Iklim Didengar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 10:20 WIB
Sudirman Said Dok Istimewa
Foto: Sudirman Said Dok Istimewa

Mereka berteman dalam berbagai jejaring dengan sahabat dan kolega di seluruh dunia. Saling belajar dan memberi referensi. "Bila negara mau kuat, bangsa mau kuat, dengarkan suara anak muda," tegasnya.

Kecemasan akan bahaya korupsi dan tuntutan mereka agar bangsa ini lebih serius menanganinya harus dijawab dengan tindakan. Begitu pun concern mereka terhadap isu lingkungan, sangat valid.

"Otoritas harus merespon hal-hal di atas, dengan tindakan nyata, bila menghendaki kepercayaan dari kaum muda," tandas Sudirman.

Kemudian mengenai forum COP 26, di Glasgow, Skotlandia di mana di forum itu Indonesia menyampaikan komitmennya untuk mencapai zero emission. Sudirman meminta bukti dari komitmen itu.

"Komitmen ini butuh pembuktian. Di sinilah concern anak anak muda menjadi relevan," tutur Sudirman.

Untuk diketahui, hasil survei Indikator Politik mengungkapkan, sebanyak 64 persen anak muda yang sangat khawatir masalah korupsi, agak khawatir 21 persen, dan sedikit khawatir 8 persen. Sementara hasil survei KedaiKOPI, sebanyak 81 persen para pemilih pemula dan muda (Gen-Z dan Milenial) menyatakan, Indonesia darurat akan perubahan iklim.


(fjp/van)