Sudirman Said Minta Suara Pemuda soal Korupsi dan Iklim Didengar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 10:20 WIB
Sudirman Said Dok Istimewa
Foto: Sudirman Said Dok Istimewa
Jakarta -

Survei Indikator Politik dan KedaiKOPI mengungkapkan, mayoritas anak muda sangat khawatir terhadap masalah korupsi dan kerusakan lingkungan. Menanggapi hal tersebut, Pegiat Anti Korupsi Sudirman Said menyatakan, hasil survei tersebut menyiratkan pesan: jangan remehkan keseriusan anak muda akan nasib dan masa depan bangsa.

Diingatkannya, korupsi dan lingkungan hidup, termasuk perubahan iklim, adalah tema strategis, tema global, dan tema yang memerlukan cara berpikir jangka panjang dalam mengelolanya.

"Sikap anak muda yang terekam dari jajak pendapat tersebut memberi pesan bahwa kaum muda kita canggih, berpikir global, dan punya cara pandang jangka panjang. Salah kalau ada pandangan anak muda sekarang hanya mau serba instan dan dangkal," ujar Sudirman, Rabu (3/12/2021).

Fenomena tersebut menunjukkan, anak-anak muda kita memang bersiap menjadi warga dunia, dengan berpikir dan bersikap memahami kecenderungan global. "Praktik bernegara bersih dari korupsi adalah tuntutan universal. Memperhatikan kelestarian lingkungan dan keberlanjutan adalah tuntutan global," imbuhnya.

Mantan Menteri ESDM itu juga menambahkan, hasil survei itu merupakan warning alias peringatan dari anak muda terhadap pemerintah. "Itu warning dari 'pemilik masa depan', agar otoritas lebih serius memperhatikan masalah strategis seperti penanggulangan perubahan iklim, dan pemberantasan korupsi," ucap Sudirman.

Indonesia sendiri, menurutnya, saat ini tengah mengalami penurunan indeks demokrasi, kebebasan, dan persepsi korupsi. Hal ini berdasarkan sejumlah kajian, baik nasional maupun internasional.

Dia pun meminta pemerintah untuk mendengarkan suara anak-anak muda. Sudirman mengingatkan, anak-anak muda Indonesia adalah kaum terdidik, dan mulai melek dengan dinamika global.