SBY Berobat Kanker Prostat ke Mayo Clinic Amerika Serikat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 13:49 WIB
Jakarta -

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berobat kanker prostat ke Amerika Serikat (AS). SBY ke AS untuk berobat ditemani keluarganya.

"Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini," kata anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan, di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (2/11/2021).

SBY akan berobat ke Minneapolis. Dari wilayah tersebut, masih 1,5 jam untuk sampai ke Mayo Clinic.

"Di US, di Mayo ya, di dekat Minneapolis ya. Dari Minneapolis itu 1,5 jam lagi di Mayo. Itu khusus untuk cancer," ujar Syarief.

Syarief mengatakan SBY akan didampingi keluarganya ke AS. Syarief berharap SBY segera sembuh dari kanker prostat.

"(Ditemani) anak-keluarganya, keluarga-keluarganya, anak-anaknya juga ikut berangkat," ucap Syarief.

Syarief juga memastikan kerja politik Partai Demokrat tidak terganggu. Sebab, AHY-lah yang langsung memimpin Partai Demokrat.

"Nggak (ganggu kerja politik Demokrat), karena sudah di-take langsung oleh Mas AHY," imbuhnya.

Diketahui, SBY telah menjalani berbagai pemeriksaan, di antaranya melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, dan pemeriksaan lainnya. Hasilnya, kanker prostat yang diidap SBY dalam stadium awal.

"Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY," ungkap staf pribadi SBY, Ossy Dermawan.

(rfs/aud)