Fenomena Hujan di Cikarang Hanya Basahi 1 Mobil, Ini Penjelasan BMKG

ADVERTISEMENT

Fenomena Hujan di Cikarang Hanya Basahi 1 Mobil, Ini Penjelasan BMKG

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 11:08 WIB
Fenomena hujan hanya membasahi satu unit mobil terjadi di Cikarang. BMKG menyebut kondisi tersebut sebagai fenomena yang biasa terjadi (Instagram @uryanriana)
Fenomena hujan hanya membasahi satu unit mobil terjadi di Cikarang. BMKG menyebut kondisi tersebut sebagai fenomena yang biasa terjadi. (Instagram @uryanriana)
Jakarta -

Fenomena hujan tak umum terjadi di daerah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Hujan hanya membasahi satu area kecil, yakni mengenai satu unit mobil di parkiran.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan hal tersebut berdasarkan pantauan radar cuaca. Saat peristiwa itu terjadi, awan hujan memang terpantau di Cikarang.

"Berdasarkan hasil pemantauan dari citra radar BMKG pada 31 Oktober pukul 12.00 WIB, memang menunjukkan terdapat awan hujan di wilayah Cikarang dan sekitarnya," ujar prakirawan BMKG, Selasa (2/11/2021).

BMKG juga menjelaskan soal peristiwa hujan yang hanya mengguyur satu mobil. Kondisi tersebut hanya terjadi dalam waktu singkat.

"Sedangkan untuk kejadian hujan yang sangat lokal tersebut bisa terjadi pada sel awan tunggal yang sedang tumbuh di wilayah yang dekat dengan sel awan hujan utama di sekitar wilayah tersebut. Kondisi tersebut umumnya berlangsung dalam periode yang sangat singkat," jelasnya.

BMKG menyebut kondisi hujan sangat lokal itu sebagai fenomena yang biasa terjadi. Namun BMKG menyatakan perlu ada kajian khusus terkait peristiwa tersebut, salah satu unsurnya ialah video yang utuh.

"Hal tersebut biasa terjadi, tetapi perlu dikaji lagi apakah benar-benar murni dengan hujan atau hal lain," kata dia.

Hujan di Cikarang hanya Basahi 1 Mobil

Sebelumnya diberitakan, fenomena hujan turun membasahi satu mobil saja terjadi di sebuah parkiran di wilayah Cikarang.

Peristiwa itu terjadi tempat parkir sebuah hotel di Cikarang pada Minggu (31/10/2021) pukul 12.00 WIB. Kejadian tersebut direkam Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi Uryan Riana.

Uryan mengaku kaget terhadap peristiwa itu. Dia bercerita saat itu sedang menghadiri acara pelantikan Satgas Pemenangan DPD PKS yang dihadiri pula oleh Plt Bupati Bekasi H Ahmad Marzuki. Uryan keluar sebelum acara selesai.

"Acara belum selesai, saya turun menuju parkiran mau ke mobil. Tetapi pada saat mau ke mobil ada fenomena aneh dan luar biasa karena ada satu mobil hitam Kijang Innova diguyur air hujan," kata Uryan ketika dimintai konfirmasi, Senin (1/11).

"Tadinya saya pikir ada yang nyemprot, ternyata saat saya lihat ke sekeliling tidak ada satu orang pun yang kelihatan ada di parkiran," lanjut Uryan.

Uryan terheran-heran dengan peristiwa itu. Dia lantas mengeluarkan ponselnya untuk mengabadikan momen tersebut.

"Kemudian, dengan keheranan yang luar biasa, saya ambil HP untuk mengabadikan momen langka tersebut dengan merekamnya menggunakan HP. Pada saat merekam juga saya terus terkagum dan luar biasa bingung karena hal tersebut terjadi," ujarnya

Dari video yang direkam Uryan, terlihat ada sejumlah mobil di parkiran tersebut. Namun hujan hanya membasahi mobil berwarna hitam.

Uryan sempat menyorot kameranya ke arah langit. Terlihat tak ada atap di atas mobil yang tersiram air hujan tersebut.

Simak video 'BMKG: Sekitar 20% Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT