Andre Rosiade: Sesuai Arahan Prabowo, Gerindra Siap Selamatkan Garuda

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 11:00 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade menyatakan fraksinya siap pasang badan demi menyelamatkan Garuda Indonesia. Hal ini sesuai dengan arahan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang meminta partainya berjuang menyelamatkan maskapai nasional tersebut.

"Fraksi Gerindra di Komisi VI DPR yang bermitra dengan Kementerian BUMN dan seluruh BUMN termasuk Garuda, siap pasang badan melaksanakan perintah Prabowo untuk menyelamatkan Garuda Indonesia. Apapun yang terjadi, sesuai arahan Pak Prabowo, kami di Komisi VI siap melaksanakan instruksi bahwa Garuda harus diselamatkan," kata Andre dalam keterangan tertulis, Selasa (2/11/2021).

Menurut Andre, fraksinya juga mendesak pemerintah dan manajemen Garuda agar fokus mencari solusi terbaik untuk Garuda. Pemerintah, kata Andre, harus solid seiya sekata agar Garuda bisa diselamatkan.

"Apa maksud solid itu? Yaitu bukan hanya Manajemen Garuda dan Menteri BUMN saja yang menyelamatkan Garuda, tapi juga kementerian lain seperti Kementerian Keuangan harus juga ikut serta punya semangat sama menyelamatkan Garuda," ujarnya.

Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat ini juga menyoroti isu sewa pesawat yang dinilai kemahalan. Terkait hal ini, Andre menyebut dia sudah lama meminta audit investigasi. Dia juga meminta penyelidikan terkait hal tersebut tetap berjalan tanpa mengganggu upaya penyelamatan Garuda.

"Soal isu sewa pesawat kemahalan, itu sudah saya bongkar di rapat Komisi VI, soal harga leasing kemahalan sudah saya bongkar di rapat Komisi VI, bahkan saya minta audit investigasi dan diproses masalah hukumnya. Itu silakan aparat mengusut itu, saya sudah kritisi sejak tahun lalu sebelum eks komisaris Garuda bicara," tutur Andre.

"Yang penting kita sekarang ingin Pemerintah satu suara, bahwa ingin menyelamatkan Garuda, bukan hanya Menteri BUMN, tapi kita ingin Pemerintah solid bersama Garuda, dan kami di Komisi VI siap melaksanakan instruksi Pak Prabowo untuk menyelamatkan Garuda," lanjutnya.

Lebih lanjut, Ketua Harian Ikatan Keluarga Minang ini mengatakan pihaknya akan segera memanggil Menteri BUMN dan Manajemen Garuda ke Komisi VI DPR untuk mendengarkan solusi final skenario penyelamatan Garuda dari Pemerintah.

(akd/ega)