Gerindra Sumbar Luncurkan Aplikasi KTA Berbasis Android

Inkana Putri - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 13:02 WIB
Gerindra Sumbar Luncurkan KTA Digital
Foto: Gerindra Sumbar
Jakarta -

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatera Barat meluncurkan Kartu Tanda Anggota (KTA) berbasis digital melalui android dan desktop. Peluncuran KTA bertujuan untuk memudahkan simpatisan kader dan masyarakat Sumbar yang ingin bergabung dengan Partai Gerindra.

Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyampaikan di tengah kemajuan teknologi saat ini, perekrutan kader-kader Gerindra juga harus dilakukan secara digital atau online. Oleh karena itu, Gerindra Sumbar menggandeng DPP Gerindra untuk menggelar pelatihan dan launching KTA.

Sebelum peluncuran KTA, peserta yang berasal dari perwakilan DPC Partai Gerindra kabupaten/kota se-Sumbar pun telah diberikan pelatihan aplikasi KTA Gerindra di Kantor DPD Gerindra di Rimbo Kaluang, Padang, Sabtu (31/10).

"Dengan sistem digital, tentu kita bisa merekrut sebanyak mungkin kader-kader Gerindra yang baru. Untuk tetap menjadi partai nomor satu di Sumbar. Selain itu, tentu para kader juga diminta tetap bergerak membantu dan mendengarkan masyarakat, agar gaung partai semakin tinggi," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (2/11/2021).

Sementara itu, Tim Media DPP Partai Gerindra Narendra menyebut tujuan lain dari KTA berbasis Android adalah untuk mensinkronisasikan database anggota. Dengan demikian data akan disatukan mulai dari tingkat DPC kabupaten/kota, DPD Provinsi hingga DPP di Jakarta.

"Dalam hal ini dari data tersebut akan disatukan. Sehingga DPP bisa mengetahui data anggotanya baik latar belakang sehingga nantinya komunikasi anggota dan partai Gerindra bisa terjalin, apa yang diinginkan partai maupun masukan dari anggota," katanya.

Narendra menambahkan Sumbar menjadi basis Partai Gerindra yang mempunyai suara yang besar pada Pemilu 2019. Dengan demikian, hadirnya aplikasi KTA akan mempermudah aktivitas politik di masyarakat.

"Nantinya aplikasi KTA juga bisa menawarkan kemudahan berpolitik pada masyarakat di era digital termasuk menggaet kaum milenial," katanya.

Di sisi lain, DPD Gerindra Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan hadirnya teknologi ini tak mempengaruhi animo masyarakat. Ia menyebut respons masyarakat yang ingin bergabung di Partai Gerindra masih tinggi meski adanya aplikasi ini.

"Maka DPD Gerindra Sumbar mengakomodir penerapan teknologi dalam KTA tersebut. Sehingga DPD Gerindra merasa perlu memberikan pelatihan aplikasi KTA berbasis digital Android kepada petugas di DPC se-Sumbar," katanya.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Evi Yandri menyampaikan usai menjalani pelatihan, nantinya para DPC hingga PAC akan melakukan sosialisasi aplikasi KTA kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat yang ingin mendaftar menjadi bagian dari Partai Gerindra dapat melakukannya melalui smartphone.

"Diharapkan ini akan memudahkan masyarakat yang ingin bergabung dengan partai Gerindra. Jadi masyarakat bisa bergabung dan mendaftar lewat smartphone melalui aplikasi KTA berbasis Android. Nantinya data tersebut akan dihimpun pada server DPD dan DPP," tandasnya.

(fhs/ega)