LaNyalla Dukung Pemprov DIY Terapkan Inovasi Informasi Geospasial

Inkana Putri - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 23:48 WIB
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Foto: DPD
Jakarta -

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang telah mengembangkan dan menerapkan inovasi berbasis informasi geospasial. Inovasi ini dihadirkan melalui program Integrasi Pertanahan dan Tata Ruang Berbasis Sistem Informasi (Intantaru Berinfo).

Berkat inovasi tersebut, Pemprov DIY berhasil mendapatkan penghargaan Bhumandala 2021. LaNyalla berharap penghargaan tersebut dapat meningkatkan kinerja para lembaga dan pemerintah.

"Saya ikut berbangga dengan prestasi yang diraih Pemprov DIY. Semoga menjadi pemacu dan lebih bersemangat lagi dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas kinerja lembaga dalam memanfaatkan informasi geospasial," kata LaNyalla dalam keterangan tertulis, Senin (1/11/2021).

Lebih lanjut LaNyalla menjelaskan pengembangan inovasi dengan basis informasi geospasial pada dasarnya bermanfaat dalam penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu, hal ini berimplementasi pada kebijakan pembangunan secara efektif dan efisien sehingga perlu dioptimalkan.

"Informasi geospasial dan ketersediaan data geospasial diharapkan dapat menjamin kepentingan masyarakat luas. Kegunaannya pun perlu dioptimalkan agar memiliki manfaat yang lebih besar lagi," katanya.

Untuk itu, LaNyalla berharap Pemprov DIY dapat mengembangkan Intantaru Berinfo meski saat ini sistem tersebut telah mampu membuat permohonan surat kekancingan ditangani dengan lebih cepat, terdokumentasi dengan lebih baik, dan memiliki akurasi tinggi.

"Mungkin bisa dengan menambahkan fitur mobile apps sehingga tim lapangan dapat mengakses sistem dengan lebih mudah," tutupnya.

(fhs/ega)