Komjen Dharma Pongrekun Kena Mutasi Polri

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 22:02 WIB
Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol Dharma Pongrekun (Tim 20detik)
Komjen Pol Dharma Pongrekun (Tim 20detik)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap Komjen Dharma Pongrekun. Komjen Dharma kini ditunjuk sebagai analis kebijakan utama bidang jianbang Lemdiklat Polri.

Mutasi itu tertulis dalam surat Kapolri nomor ST/2279/X/KEP/2021 yang dikeluarkan tanggal 31 Oktober 2021.

Komjen Dharma sebelumnya mendapat penugasan sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jabatan itu kini diisi Irjen Sutanto.

Pelantikan wakil kepala BSSN itu dilakukan langsung oleh Kepala BSSN Letnan Jendral TNI (purn) Hinsa Siburian. Pengangkatan dan pelantikan Sutanto sebagai Wakil Kepala BSSN sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 146/TPA Tahun 2021 tanggal 5 Oktober 2021.

"Pada hari ini telah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Kepala BSSN. Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan pada hari ini juga sekaligus dalam rangka mengisi struktur organisasi baru di lingkungan BSSN serta menyesuaikan dengan pemberlakuan nomenklatur baru dan penetapan kelas jabatannya," ucap Hinsa Siburian saat melantik Sutanto di Aula BSSN, Sawangan, Depok, melalui siaran pers BSSN, Jumat (8/10/2021).

BSSN mengatakan pergantian ini sebagai bentuk penyegaran dalam organisasi. "Untuk penyegaran organisasi," ujar juru bicara BSSN Anton Setiawan saat ditanya terkait alasan penggantian Komjen Dharma Pongrekun, Sabtu (9/10/2021).

Dharma Pongrekun sendiri disebut telah 3 setengah tahun bertugas di BSSN. Sebelum menjadi wakil, Dharma Pongrekun pernah bertugas sebagai Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN.

"Komjen. Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H. sendiri sudah bertugas di BSSN selama 3 setengah tahun. Sebelum menjadi Wakil Kepala BSSN, beliau terlebih dahulu menjabat sebagai Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN. Saat ini Komjen. Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H. menjabat sebagai Pati Polri di Mabes Polri," ujar Anton.

(eva/jbr)