Gubernur Kalteng Siap Bentuk Satgas Percepatan Vaksinasi COVID-19

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 16:16 WIB
Gubernur Kalteng Siap Bentuk Satgas Percepatan Vaksinasi COVID-19
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Jakarta - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menginstruksikan Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng untuk membentuk Satuan Tugas Percepatan Vaksinasi COVID-19 di Kalteng. Hal ini katakan Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul saat meninjau vaksinasi massal di Desa Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan Minggu (31/10)

Menurutnya, pembentukan Satgas Percepatan Vaksinasi COVID-19 dilakukan untuk mempercepat jangkauan vaksinasi COVID-19 sekaligus merealisasikan target pada bulan Desember agar seluruh target sasaran sudah mendapatkan vaksinasi. Oleh karenanya, pihaknya memastikan akan terus melakukan vaksinasi di berbagai daerah.

"Kita punya tenaga vaksinator gabungan ditingkat Provinsi dari Dinas Kesehatan, Laboratorium kesehatan Daerah, RS Doris Sylvanus dan RS Jiwa kurang lebih 40 orang dan itu bisa dibentuk menjadi 7 tim. Dan ini akan terus kita kirim ke Daerah untuk membantu Kabupaten/Kota melakukan vaksinasi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/11/2021.)

Suyuti Syamsul mengatakan vaksinasi massal ini merupakan gerakan serentak di 5 Kabupaten yang ditargetkan Sabtu-Minggu, tanggal 30 dan 31 Oktober 2021 dengan target total wilayah Barat sebanyak 31.500 orang. Sementara itu, target Kabupaten/Kota di luar wilayah Barat 22.500 orang. Sehingga target total se-Kalteng untuk kegiatan vaksinasi 30 dan 31 Oktober 2021 dan tahap berikutnya sebanyak 54.000 orang.

"Secara umum, ini merupakan gerakan serentak di 5 Kabupaten Sabtu-Minggu dengan sasaran target 31.500 orang dalam 2 hari ini untuk wilayah Barat," imbuhnya.

Lebih lanjut, Suyuti Syamsul mengatakan Pemprov Kalteng menargetkan cakupan vaksinasi dosis pertama mencapai 75 persen pada akhir Desember 2021.

"Dalam rangka upaya percepatan yang diinstruksikan oleh Pak Gubernur sudah membuahkan hasil karena kita sudah di atas 50 persen meskipun target Nasional 50 persen di Bulan November, di Kalteng bulan Oktober sudah diatas 50 persen. Sasaran berikutnya di Bulan November mencapai 75 persen," jelasnya.

"Sehingga kita dorong, supaya setiap Sabtu Minggu dilakukan secara bergilir. Harapannya kita bisa mencapai 5 persen setiap minggu pertambahan. Paling tidak di akhir Desember sudah bisa mencapai 75 persen dan selanjutnya kita fokus di dosis kedua," pungkasnya. (akd/ega)