KTT G20 Roma, Simak Lagi 4 Pernyataan Jokowi di Italia

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 13:09 WIB
KTT G20 Roma, Simak Lagi 4 Pernyataan Jokowi di Italia
KTT G20 Roma, Simak Lagi 4 Pernyataan Jokowi di Italia / Foto: (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

KTT G20 Roma dihadiri oleh sederet pemimpin berbagai negara termasuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokwi telah mengikuti sejumlah agenda dalam penyelenggaraan KTT G20 di Roma, Italia.

Kedatangan Jokowi di Italia pada Sabtu, Sabtu (30/10/2021). Selama di Italia, Presiden Jokowi tidak hanya menghadiri rangkaian acara KTT G20 Roma namun juga berbincang dengan pemimpin negara lainnya.

Berikut informasi mengenai beberapa pernyataan Jokowi di KTT G20 Roma yang sudah kami rangkum.

KTT G20 Roma, Jokowi Bicara Isu Perubahan Iklim

Jokowi juga membahas tentang isu perubahan iklim. Jokowi mengungkapkan bahwa dalam penanganan perubahan iklim, semua negara harus bekerja sama dalam tindakan nyata. Jokowi mengajak semua pihak untuk tidak saling menyalahkan.

"Indonesia ingin G20 memberikan contoh, Indonesia ingin G20 memimpin dunia, dalam bekerja sama mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan dengan tindakan nyata," kata Jokowi.

Jokowi juga menambahkan bahwa komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim sudah sangat jelas dan konsisten. Indonesia telah melakukan penurunan deforestasi, kebakaran hutan. Pada saat banyak negara mengalami kebakaran hutan hebat, kebakaran hutan di Indonesia berkurang sebanyak 82 persen.

"Saya paham, sebagai salah satu pemilik hutan tropis terbesar di dunia, Indonesia memiliki arti strategis dalam menangani perubahan iklim. Posisi strategis tersebut kami gunakan untuk berkontribusi. Deforestasi di Indonesia dapat ditekan ke titik terendah dalam 20 tahun terakhir. Indonesia telah melakukan rehabilitasi 3 juta hektar critical land pada 2010-2019," kata Jokowi.

KTT G20 Roma, Jokowi Bicara Isu Kesehatan Global

Dalam KTT G20 di Roma, Jokowi juga membahas mengenai isu kesehatan global. Dalam pembahasan mengenai isu kesehatan tersebut, Jokowi mengajak semua negara untuk memperkuat arsitektur kesehatan global.

"Demi membangun dunia yang lebih tahan terhadap pandemi dan berbagai guncangan ke depan, Indonesia mengajak memperkuat arsitektur kesehatan global," ujar Jokowi seperti dalam keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu (30/10/2021).

Mengenai hal tersebut, dukungan keuangan internasional untuk menangani isu kesehatan dinilai sangat penting. Jokowi menjelaskan mekanisme penggalangan sumber daya kesehatan global harus disusun, termasuk dana, vaksin, obat, alat kesehatan, hingga tenaga kesehatan yang siap diterjunkan setiap saat untuk membantu negara yang mengalami krisis kesehatan.

KTT G20 Roma: Upaya Indonesia Membantu Afghanistan

Dalam KTT G20 Roma, Jokowi sempat bertemu dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel. Pertemuan tersebut membahas berbagai macam isu penting, mulai dari isu perubahan iklim sampai Afghanistan.

Dalam keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Minggu (31/10/2021), Jokowi menjelaskan mengenai upaya Indonesia dalam membantu Afghanistan. Presiden Michel menilai, Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar memiliki pengalaman yang baik dengan Afghanistan.

Di KTT G20 Roma, Presiden Jokowi juga menerima palu sebagai simbol berpindahnya presidensi G20. Simak selengkapnya di halaman berikutnya.