Kepala BNPT Puji Warga di UEA: 150 Lebih Multinasional Hidup Berdampingan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 19:59 WIB
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.
Boy Rafli Amar (Foto: dok. BNPT)
Dubai -

Kepala BNPT Boy Rafli Amar memuji toleransi masyarakat di Uni Emirat Arab (UEA). Boy Rafli menyebut UEA ditinggali oleh orang-orang dari berbagai negara, namun bisa hidup berdampingan tanpa mempersoalkan perbedaan satu sama lain.

"Lebih dari 150 multinasional warga negaranya yang berdomisili di Uni Emirat Arab ini. Mereka hidup berdampingan secara damai tanpa melihat perbedaan apapun. Mereka menyadari bahwa persatuan adalah kekuatan utama dalam mewujudkan kehidupan yang harmoni. Tentunya kita dapat banyak mengambil pelajaran," kata Boy Rafli dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/10/2021).

Pujian itu disampaikan Boy Rafli dalam kegiatannya mengunjungi Dubai Expo 2020, di UEA, Sabtu (30/10). Indonesia juga mendirikan paviliun di sana.

Boy Rafli mengatakan hubungan Indonesia-UEA selama ini berjalan dengan baik di berbagai sektor, termasuk dalam penanggulangan terorisme, Menurutnya, UEA mendukung program pencegahan hingga deradikalisasi yang dicanangkan Indonesia.

"BNPT bersama dengan National International Services dan Departemen Security Services di UEA ini memiliki program-program kontra radikalisasi dan deradikalisasi. Mereka juga memiliki foundation-foundation yang men-support kegiatan deradikalisasi," ucapnya.

Dalam kunjungannya ke Dubai Expo 2022, Kepala BNPT juga mengunjungi Paviliun Indonesia. Jenderal polisi bintang 3 itu mengaku kagum dengan berbagai informasi yang tersaji di Paviliun Indonesia.

"Kita ikut bangga, disajikan luar biasa berbagai informasi berkaitan dengan visi Indonesia di 2024, informasi tentang pembangunan, destinasi wisata, budaya, kekayaan alam, disajikan dengan baik, didukung dengan sarana dan prasarana yang juga baik," tutur Boy Rafli.

Kepala BNPT Boy Rafli Amar mengunjungi Paviliun Indonesia di Dubai Expo 2020, Sabtu (30/10/2021).Kepala BNPT Boy Rafli Amar mengunjungi Paviliun Indonesia di Dubai Expo 2020. (dok. BNPT)

Pada perhelatan Dubai Expo 2020 ini, Paviliun Indonesia terdiri dari tiga lantai. Gambaran perihal kekayaan bumi Nusantara, sejarah, visi di tahun 2024, kuliner hingga produk UMKM Indonesia tersaji di sana.

Kegiatan Dubai Expo 2020 telah dibuka pada 30 September 2021 yang lalu. Sebanyak 192 negara ambil bagian.

Dubai Expo 2020 secara resmi akan berlangsung mulai 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022. Indonesia turut berpartisipasi dengan mengusung konsep 'Unity in Diversity', yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(zak/gbr)