Anies Baswedan Dapat Gelar Pemuka Utama Budaya Betawi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 12:32 WIB
Anies Baswedan Dapat Gelar Pemuka Utama Budaya Betawi (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Majelis Adat Badan Musyawarah Betawi menobatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tokoh adat Betawi. Anies dinilai sebagai tokoh teladan dalam pembangunan kota Jakarta.

Penobatan Anies sebagai tokoh Betawi digelar di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Ketua Majelis Adat Bamus Betawi M Nuri Thaher mengatakan gelar kehormatan yang diberikan adalah 'Pemuka Utama Budaya Betawi'.

"Saya ketua majelis adat bersama Bamus Betawi memberikan kehormatan kepada para tokoh yang bertugas di Jakarta yang dinilai oleh keluarga besar majelis adat Bamus Betawi baik dan bisa bimbing masyarakat pada umumnya," kata Nuri kepada wartawan, Minggu (31/10/2021).

"Terutama Pak Gubernur kita, Pak Anies Baswedan. Orang betul-betul meneladani pemikiran-pemikiran rakyatnya, bagaimana dia mencintai rakyatnya dan bagaimana dia membangun Jakarta untuk kebahagiaan masyarakat Jakarta khususnya kaum Betawi," sambungnya.

Anies mengucapkan terima kasih atas gelar baru yang diberikan Bamus Betawi kepadanya. Dia memandang gelar ini sebagai amanah dalam membangun Kota Jakarta.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih apresiasi kepada Bamus Betawi yang telah memberikan sebuah tanda kehormatan dan saya pandang ini sebagai sebuah amanah yang Inysa Allah nanti akan dijunjung dengan sebaik-baiknya dan Insya Allah kerja kita semua untuk masyarakat Jakarta, untuk masyarakat Betawi akan jalan terus," ujar Anies.

Eks Mendikbud itu menuturkan, sebagai tuan rumah, masyarakat Betawi telah menciptakan kota Jakarta sebagai ekosistem yang ramah terhadap semua suku di Indonesia. Dia pun berharap masyarakat Betawi terus melakukan penyesuaian seiring dengan perkembangan zaman.

"Bibit yang baik tidak bisa tumbuh bila tidak ada tanah yang subur dan tanah yang subur itu adalah iklim kebersamaan yang muncul dari masyarakat Betawi. Insyaallah masyarakat Betawi terus makin berkembang dan di bawah Bamus Betawi dengan ada majelis adat ini insyaallah akan terus bisa menemukan format-format barunya di perubahan zaman seperti sekarang ini," jelasnya.

Selain Anies, Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Sutiyoso, atau dikenal sebagai Bang Yos, menerima gelar tokoh adat Betawi. Sutiyoso menganggap nama Yos sebagai identitasnya sebagai orang Betawi.

"Saya adalah satu di antara tokoh yang mendapat gelar kehormatan dr Bamus Betawi. Bagi saya tentu sebuah kebanggaan tersendiri dan juga sangat berterima kasih kepada orang Betawi, tidak sebentar, 10 tahun lama sekali dengan orang-orang Betawi saya bahkan dipanggil bang Yos di mana-mana, bukan di Jakarta, luar Jakarta, luar pulau Jawa pun bang Yos di luar negeri dipanggil bang Yos. Banyak orang nggak tahu nama saya Sutiyoso. Artinya, bang itu orang Betawi, itu melekat ke diri saya," tuturnya.

Berikut ini daftar peraih penghargaan:

1. Mayjen TNI (Purn) Dr (HC). H. Eddie Marzuki Nalapraya gelar Pemuka Utama Budaya Betawi
2. Letjen TNI (Purn) Dr (HC) H. Sutiyoso gelar Pemuka Utama Budaya Betawi
3. Dr. Ing. H. Fauzi Bowo gelar Pemuka Utama Budaya Betawi
4. Anies Baswedan gelar Pemuka Utama Budaya Betawi
5. H. Prasetyo Edi Marsudi gelar Pemuka Utama Budaya Betawi
6. S.H, Prof. Dr. K.H. Syukron Ma'mun, B.A. gelar Pemuka Utama Budaya Betawi
7. H. Abraham Lunggana, S.H. gelar Pemuka Madya Budaya Betawi
8. H. Mohamad Taufik gelar Pemuka Madya Budaya Betawi
9. Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H. gelar Pemuka Madya Budaya Betawi
10. M.Si, Merry Hotma, S.H. gelar Pemuka Madya Budaya Betawi
11. H. Chaeruddin gelar Pemuka Madya Budaya Betawi

Simak juga Video: Klaim Banjir Kering Sehari, Anies: Air Hujan Dalam Kendali Manusia






(taa/idn)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork