Command Center Satgas Citarum Raih Penghargaan Bhumandala

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 11:14 WIB
Sungai Citarum Raih Penghargaan
Foto: Pemprov Jabar
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan Bhumandala Award yang digelar Badan Informasi Geospasial (BIG) di Grand Mercure Hotel Jakarta, Jumat (29/10). Penghargaan ini diraih melalui Command Center Satgas Citarum yang ditetapkan sebagai Bhumandala Inovasi Terbaik.

"Alhamdulillah inovasi terbaik untuk Command Center Satgas DAS Citarum. Visi misi Jabar Juara Lahir Batin melalui inovasi dan kolaborasi ini terwujud melalui kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kominfo Jabar," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias, dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/10/2021).

Melalui Command Center, Prima mengatakan PPK DAS Citarum bisa mendapatkan sumber data informasi mengenai perkembangan Citarum. Menurutnya, hal ini membantu pihaknya dalam menyelesaikan pencemaran Sungai Citarum.

Selain itu, PPK DAS Citarum juga dapat memanfaatkan data yang terintegrasi guna melakukan perencanaan kegiatan dan bahan evaluasi sehingga tujuan dapat tercapai.

"Berpuluh tahun kita atasi Citarum di sepanjang 297 kilometer sungai di 13 kabupaten kota perlu mengintegrasikan semua kegiatan untuk menyelesaikan pencemaran dan kerusakan dalam kurun waktu 5 tahun," ujar Prima.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Setiaji mengatakan capaian ini tak lepas dari inovasi dan kolaborasi seluruh pihak. Menurutnya, kolaborasi menjadi hal yang mudah diucapkan, tapi tak mudah dilakukan. Namun, pada ajang tersebut pihaknya dapat membuktikan dengan mewujudkan kolaborasi menjadi sebuah prestasi.

"Alhamdulillah kami dapat membuktikan Jabar Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi. Melalui Command Center jadi inovasi bisa menyelesaikan masalah lokal dan nasional. Mari berkolaborasi agar karya makin optimal," tandasnya.

Di sisi lain, Ketua dewan juri Heri Sutanta mengatakan, dalam ajang penghargaan ini, ada 37 aplikasi yang dikumpulkan dari tingkat provinsi dan kab/kota. Tahun ini merupakan tahu pertama provinsi diikutsertakan.

Dalam penghargaan ini, terdapat 10 finalis yang mendapat penghargaan, yakni terdiri dari lima provinsi dan lima kabupaten/kota.

"Dari tingkat kabupaten/kota ada dari Kota Banjarmasin dan Bontang. Kalimantan ada dua perwakilan. Kami dari dewan juri mengucapkan selamat kepada 10 finalis. Mudah-mudahan inovasi ini dapat dipertahankan, kembangkan ,dan diaplikasikan di tempat lain," ucapnya.

Langsung klik halaman selanjutnya>>

Simak juga 'Sarjana Pemulung, Pendiri Sekolah Pinggiran Citarum':

[Gambas:Video 20detik]