Kemensos dan Unhan RI Bersih-bersih TMP Kalibata Jelang Hari Pahlawan

Marteen Ronaldo - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 10:25 WIB
Unhan dan Kemensos Bebersih TMP Kalibata
Unhan dan Kemensos bebersih TMP Kalibata. (Marteen/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia melaksanakan kegiatan kerja bakti di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan menjelang peringatan Hari Pahlawan, yang jatuh pada 10 November mendatang.

Pantauan detikcom di lokasi, terlihat para mahasiswa dari Universitas Pertahanan RI berbaris sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih. Mereka menggunakan pakaian serbaputih dilengkapi alat-alat pembersih, seperti cangkul, cat, sapu, dan lain-lainnya.

Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial di Kementerian Sosial RI Murhardjani mengatakan kegiatan kali ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021, yang akan jatuh beberapa waktu ke depan.

"Yang kerja bakti saat ini semuanya berasal dari sivitas Universitas Pertahanan Republik Indonesia, kemudian untuk besok pagi juga kami akan melakukan kerja bakti tetapi dari Kemensos RI dan juga pilar-pilar partisipan masyarakat, juga Tagana, Pramuka, dan masyarakat lainnya," kata Murhardjani saat ditemui, Sabtu (30/10/2021).

Untuk kegiatan pada hari ini, pihaknya bersama Unhan RI menurunkan 900 peserta yang terdiri atas seluruh mahasiswa Unhan RI. Pihaknya juga mengatakan pembersihan akan dilakukan di seluruh tempat yang ada di TMP Kalibata.

"Pembersihan akan dilakukan di semua lokasi, karena TMP ini kan relatif luas, sekitar 24,7 hektare. Jadi fokus kita pembersihan makam dan pembersihan nisan-nisan. Tetapi kami juga melakukan bantuan lainnya berupa perbaikan drainase maupun pengecatan," terangnya.

Murhardjani juga mengatakan tema Hari Pahlawan kali ini mengangkat tentang pahlawanku, inspirasiku. Nantinya, diharapkan seluruh komponen bangsa dapat mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan.

Sementara itu, Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian menjelaskan pihaknya berterima kasih kepada Kemensos RI yang telah mengajak dan bekerja sama dalam melakukan kegiatan bakti sosial kali ini.

"Sebagai Rektor (Universitas) Pertahanan, saya juga telah mengucapkan rasa terima kasih juga, akan tetapi ini juga salah satu bentuk wujud nyata bagaimana Unhan RI ini adalah betul-betul universitas yang mengedepankan nilai-nilai perjuangan bangsa," ucap Amarulla.

Amarulla juga menerangkan tradisi seperti ini baru pertama dilakukan oleh pihaknya. Ia pun berharap agar peserta dapat aktif.

"Kita ingin peserta aktif untuk semua kegiatan yang berkaitan dengan kepahlawanan. Kita tidak hanya melakukan pembersihan makam di TMP Kalibata, tetapi juga di Balu, yang berada di Nusa Tenggara Timur," katanya.

Menurutnya, para mahasiswa Unhan RI akan menjadi anggota TNI yang memberikan seluruh jiwa dan raga kepada nusa dan bangsa.

"Tadi saya juga menyampaikan dalam orasi saya bahwa suatu saat nanti adik-adik mahasiswa yang nantinya akan menjadi anggota TNI akan berbaring di TMP Kalibata. Artinya, mereka yang terbaring di sini sudah diaku menjadi pahlawan. Dan ini akan memacu semangat mereka untuk berbakti kepada bangsa dan negara," tegasnya.

Dirinya pun berharap peringatan Hari Pahlawan yang akan jatuh sebentar lagi dapat menjadi semangat baru untuk seluruh komponen bangsa dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

"Bagaimana masyarakat Indonesia ini dapat bersatu dalam menghadapi pandemi, dan perekonomian dapat bangkit juga, sebagaimana cita-cita para pendiri bangsa agar kita semua tetap rukun dan tidak saling menghujat," tutupnya.

(zap/zap)