Mengusut Asal-usul SPBU Disebut Galon di Medan

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 09:57 WIB
Sejumlah SPBU di Medan kehabisan stok BBM (Datuk-detikcom)
Potret SPBU di Medan (Datuk/detikcom)
Medan -

Orang-orang yang tinggal di Medan dan sekitarnya menyebut SPBU dengan kata galon. Sebenarnya sejak kapan galon digunakan sebagai kata ganti SPBU atau tempat pengisian BBM di Medan?

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), galon mempunyai dua arti. Pertama, galon berarti satuan takaran barang cair (bensin dan sebagainya), sama dengan 3,785 liter (AS) atau 4,546 liter (Inggris).

Kedua, galon berarti botol besar yang biasa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan air mineral isi ulang. Guru besar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unimed, Prof Amrin Saragih, memberi penjelasan soal asal-usul galon menjadi kata ganti SPBU di Medan.

"Galon itu ukuran liter minyak yang berlaku nasional, akhirnya dipikir orang pembelian minyak itu di galon," kata Amrin, Jumat (29/10/2021) malam.

Amrin tidak menjelaskan detail sejak kapan galon menjadi kata ganti SPBU dalam percakapan sehari-hari warga di Sumut. Namun dia menduga penyebutan galon untuk SPBU di Sumut berawal dari penggunaan kata galon untuk wadah membawa minyak.

"Dulu orang mau beli minyak itu bilang 'ambil dulu galon minyak itu'. Sejak itulah pembelian minyak itu dibilang galon," tuturnya.

Amrin mengatakan penyebutan galon untuk SPBU hanya terjadi di Medan dan sekitarnya. Menurutnya, warga di Medan dan sekitarnya sudah secara turun-temurun menyebut SPBU sebagai galon.

"Itu hanya berlaku untuk Medan. Udah turun-temurun," jelasnya.

Simak juga 'Kenapa Isi Bensin Harus Matikan Mesin?':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)