Evakuasi LRT yang Tabrakan Dimulai Malam Ini, Lalin Tol Jagorawi Direkayasa

Antara - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 19:38 WIB
Kecelakaan terjadi saat rangkaian light rail transit (LRT) diujicobakan pada hari ini. Insiden itu terjadi di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim).
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta -

PT INKA (Persero) bakal mengevakuasi LRT yang bertabrakan di Cibubur, Jakarta Timur, malam ini dengan 2 alat berat. Selama proses evakuasi, rekayasa lalin bakal dilakukan di Tol Jagorawi.

General Manager Teknologi PT INKA (Persero), Hery Prasetya, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Jasa Marga dan pihak kepolisian untuk merekayasa lalu lintas di Tol Jagorawi, tepatnya Km 13 dan Km 12.800, selama proses evakuasi demi menghindari risiko.

"Evakuasi Car LRT juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi pekerjaan guna mendukung proses evakuasi tersebut dan memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna Jalan Tol Jagorawi," kata Hery, seperti dilansir Antara, Jumat (29/10/2021).

Hery memastikan proses evakuasi rangkaian LRT akan menggunakan dua kendaraan derek bergerak berkapasitas 200 ton dan tiga unit kendaraan poros majemuk. Rencananya, kata dia, proses evakuasi akan dilaksanakan mulai malam ini pukul 22.00 WIB hingga Sabtu (30/10) dini hari besok sekitar pukul 04.00 WIB. Selanjutnya evakuasi bakal dilanjutkan pada Senin, 1 November, hingga Rabu, 3 November 2021.

"Pekerjaan akan dilakukan secara bertahap, mulai dari persiapan, setting installing counter weight, rigging, pengangkatan sampai dengan pengepasan, dan pengakhiran," ucapnya.

Ia menambahkan proses evakuasi metode menurunkan rangkaian LRT dengan melakukan rigging di jalur rel LRT, proses pengangkatan rangkaian LRT dari jalur kereta ke kendaraan poros majemuk, pengepasan, dan pengakhiran proses LRT ke kendaraan poros majemuk, akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Lihat juga video 'Ombudsman soal Tabrakan LRT: Adanya Keteledoran':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya soal insiden LRT tabrakan di Cibubur di halaman berikutnya.