Satgas COVID-19 Ungkap Mobilitas Warga Naik, Tertinggi di Pusat Belanja

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 04:20 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas COVID-19 mengatakan saat ini Indonesia berada pada titik terendah penularan virus Corona. Akan tetapi mobilitas warga disebut mulai mengalami kenaikan.

"Kondisi kasus Indonesia yang saat ini sedang berada di titik terendah dan telah menurun selama 15 minggu perlu kita pertahankan agar tidak kembali meningkat pada saat periode natal dan tahun baru," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito dalam siaran YouTube BNPB seperti dilihat, Jumat (29/10/2021).

"Mobilitas penduduk yang terus meningkat menjadi tantangan terbesar dalam mempertahankan penurunan kasus, terutama seiring dengan menurunnya kasus dan pembukaan aktivitas sosial ekonomi," lanjutnya.

Wiku menjelaskan bahwa saat ini Indonesia berhasil menurunkan kasus Corona. Oleh sebab itu, aktivitas ekonomi mulai dibuka.

"Saat ini ledakan kasus Indonesia telah berhasil ditangani, di saat banyak negara lain menghadapi kasus signifikan, jumlah kasus di Indonesia terus menurun dan aktivitas sosial ekonomi kembali dibuka," kata dia.

Imbas dari pembukaan aktivitas ekonomi itu, Wiku menyebut mobilitas warga meningkat. Kenaikan mobilitas ini tertinggi pada pusat perbelanjaan.

"Saat ini tren mobilitas sudah mengalami kenaikan yaitu mencapai 22,14% di pusat belanja, 5,43 di taman dan 2,86% di tempat retail dan rekreasi. Upaya kolektif seluruh lapisan masyarakat merupakan kunci dalam mempertahankan kondisi yang cukup baik ini," ucap Wiku.

Simak video 'Jokowi: Tak Ada yang Aman dari Corona Sampai Semua Orang Aman':

[Gambas:Video 20detik]