Round-Up

Serba-serbi Aksi Demonstrasi Tuntut Mundur Presiden Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 20:03 WIB
Demonstran bentangkan spanduk Jokowi Mundur.
Massa Aksi (Kadek Melda/detikcom)

Jl Medan Merdeka Barat Ditutup

Berdasarkan pantauan pukul 11.05 WIB petugas menutup Jalan Medan Merdeka Barat. Kendaraan tidak bisa melintas menuju Istana negara dan sebaliknya.

Jalan ditutup dengan barier oranye dan dijaga sejumlah aparat TNI-Polri. Kendaraan hanya bisa melintas dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan.

Kawat berduri juga disiagakan. Sejumlah buruh mengenakan pakai merah mulai berdatangan ke lokasi.

Penutupan tak hanya di Jl Medan Merdeka Barat. Jalan-jalan di sekitar Istana negara seperti Kawasan Harmoni hingga Gambir pun ditutup.

Demonstran bentangkan spanduk Jokowi Mundur.Demonstran membentangkan spanduk Jokowi Mundur. (Kadek Melda/detikcom)

Bentangkan Spanduk Jokowi Mundur

Salah satu kelompok demonstran membentangkan spanduk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur.

Pantauan di lokasi, Kamis (28/10/2021), spanduk tersebut dibawa oleh massa dari Aliansi Rakyat Menggugat. Di spanduk putih tersebut, tertulis 'Mosi Tidak Percaya kepada DPR RI dan Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Jokowi Mundur.'

Sepanduk tuntutan Jokowi Mundur tidak hanya satu, tapi ada spanduk lainnya yang meminta Jokowi Mundur. Spanduk tersebut bertulisan 'Cabut UU Ombudslaw atau Jokowi Mundur.'

Tak Bisa Demo di Depan Istana

Rencananya, massa dari sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi demo di depan Istana Merdeka. Namun polisi menyekat di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jl Medan Merdeka Barat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan massa aksi hanya diizinkan menyampaikan aspirasi di kawasan sekitar Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda.

"Iya kita tahan di sini (patung kuda)," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di lokasi, Kamis (28/10/2021).

Sambodo menuturkan Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Negara dan sebaliknya ditutup. Massa aksi tidak dapat melanjutkan long march menuju Istana Negara.

"Kita sekat di depan gedung Sapta Pesona," tuturnya.