Round-Up

Serba-serbi Aksi Demonstrasi Tuntut Mundur Presiden Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 20:03 WIB
Demonstran bentangkan spanduk Jokowi Mundur.
Massa Aksi (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Berbagai kelompok melaksanakan aksi demonstrasi di dekat Istana Merdeka. Selain membawa spanduk Jokowi Mundur, ada beberapa hal yang terjadi saat aksi unjuk rasa tersebut.

Massa demonstran berkumpul di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jl Medan Merdeka Barat. Mereka tertahan di Patung Kuda, padahal rencananya berdemo di depan Istana Merdeka.

Beberapa elemen ikut aksi, antara lain KASBI, Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Sentral Gerakan Buruh Nasional (SGBN), Konfederasi Serikat Nasional (KSN), Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (SINDIKASI), LBH Jakarta, YLBHI, SP-Perbankan, KPR, SEMPRO, LMND-DN, hingga GMNI-Presidium.

Polisi tutup Jl Medan Merdeka Barat karena ada demonstrasiPolisi menutup Jl Medan Merdeka Barat karena ada demonstrasi. (Kadek Melda/detikcom)

"Sekitar 1.000 dari Gebrak (Gerakan Buruh Bersama Rakyat). Kita koordinasi dengan mahasiswa. Ada sekitar 200 kalau yang dari BEM SI," kata Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Nining Elitos kepada detikcom, Kamis (28/10/2021).

Selain itu, BEM Universitas Indonesia (UI) bergabung dengan Gebrak di lokasi. Mahasiswa UI berkumpul terlebih dulu di kampus pukul 08.00 WIB.

Berikut ini serba-serbi aksi dari siang hingga sore hari tersebut.

Polri Siagakan 1.955 Personel

Ribuan personel gabungan dari TNI-Polri disiagakan menjelang aksi demo Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Selain itu, kawat berduri disiagakan di sekitar lokasi.

"(Sebanyak) 1.955 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah provinsi (pemprov) dan kawat berduri," ucap Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto kepada detikcom, Kamis (28/10).

Ada juga aparat yang menggunakan hazmat atau alat pelindung diri (APD). Mereka berjaga di depan barisan massa demo. Baju hazmat putih itu mencolok di antara penjagaan polisi dan TNI di lokasi. Diketahui, saat ini di Indonesia masih mengalami masa pandemi virus Corona (COVID-19). DKI Jakarta sendiri menerapkan PPKM level 2.

Simak juga video 'Massa Mahasiswa Geruduk Gedung DPRD Jabar, Soroti Kinerja Jokowi-Ma'ruf':

[Gambas:Video 20detik]