Inmendagri Terbaru PPKM Jawa Bali, Ini Aturan Perjalanan yang Berlaku

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 18:26 WIB
Inmendagri Terbaru PPKM Jawa Bali, Ini Aturan Perjalanan yang Berlaku
Inmendagri Terbaru PPKM Jawa Bali, Ini Aturan Perjalanan yang Berlaku (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Jakarta -

Inmendagri terbaru mengalami penyesuaian terkait aturan perjalanan. Aturan ini penting diketahui sebelum kamu merencanakan perjalanan antarkota ataupun luar wilayah.

Inmendagri terbaru ini terbit setelah pemerintah menurunkan harga PCR sekaligus mengatur masa berlaku PCR. Langkah ini diambil karena banyak pihak yang menyoroti tingginya harga PCR.

"Arahan presiden ini agar harta PCR diturunkan menjadi Rp 300 ribu," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Untuk membahas masa berlaku hingga harga PCR, detikcom sudah merangkumnya dari Inmendagri terbaru. Mari simak uraian di bawah ini.

Inmendagri Terbaru: Perubahan dari Inmendagri Sebelumnya

Aturan mengenai harga dan masa berlaku PCR tertuang dalam Inmendagri terbaru, yakni Nomor 55 Tahun 2021. Inmendagri ini merupakan perubahan dari Inmendagri 53 Tahun 2021.

Dalam Inmendagri terbaru disebutkan, ada perubahan terkait masa berlaku PCR. Berikut ini perubahan yang dimaksud dalam Inmendagri terbaru:

Aturan untuk Naik Pesawat:

  • Kalau sebelumnya tes PCR berlaku H-2 keberangkatan, kini dalam Inmendagri terbaru masyarakat yang masuk atau keluar wilayah Jawa Bali wajib melampirkan hasil tes PCR H-3 keberangkatan
  • Sedangkan untuk penumpang antar wilayah Jawa Bali, juga harus melampirkan hasil tes PCR H-3 keberangkatan.

Aturan untuk Mobil Pribadi, Kereta Api, dan Kapal Laut

Inmendagri terbaru juga mengatur Antigen untuk mobil pribadi dan transportasi umum. Khusus untuk mobil pribadi, sepeda motor, bus, kapal laut, dan kereta api, wajib melampirkan hasil antigen H-1.

Penurunan Harga Tes PCR

Pemerintah sebelumnya telah menurunkan harga tes PCR lewat Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK 02.02/1/3843/2021. Harga tes PCR terbaru adalah Rp 275 ribu untuk wilayah Jawa dan Bali, serta Rp 300 ribu di luar Jawa-Bali.

Penetapan harga tes PCR terbaru tersebut telah mempertimbangkan beberapa aspek. Mulai dari turunnya harga komponen tes PCR seperti reagen, alat habis pakai, hingga komponen jasa pelayanan dan SDM. Selain itu, harga ditentukan setelah dilakukan audit oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

"Bahwa sekarang ini sudah terjadi penurunan harga, apakah itu harga alat, termasuk juga bahan habis pakai, termasuk juga tentunya kayak seperti hazmat dan sebagainya, sehingga ini menyebabkan harga itu kita turunkan dari yang semua 495 ribu menjadi 275 ribu," kata Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof Abdul Kadir dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/10/2021).

Demikian informasi soal Inmendagri terbaru terkait masa berlaku PCR. Jangan sampai salah ya!

(imk/imk)