Mahasiswa di Makassar Demo hingga Malam, Sandera 5 Truk-Tutup Jalan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 18:05 WIB
Demo sumpah pemuda mahasiswa di Makassar berlanjut hingga malam.
Mahasiswa di Makassar menyandera truk dan menggunakannya untuk memblokir jalan. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Massa mahasiswa yang berunjuk rasa sejak sore tadi masih terus bertahan di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, hingga malam. Massa kini menyandera sejumlah truk lalu memblokade dua ruas jalan.

Pantauan detikcom di lokasi pada Kamis (28/10/2021), massa berunjuk rasa sejak pukul 15.00 Wita. Massa lantas menyandera sedikitnya lima buah truk di badan jalan.

Demo sumpah pemuda mahasiswa di Makassar berlanjut hingga malam.Mahasiswa di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, berdemo hingga malam dengan menutup jalan dan membakar ban. (Hermawan/detikcom)

Akibatnya, arus lalu lintas di ruas Jalan Sultan Alauddin, Makassar, lumpuh total. Sejumlah polisi lalu lintas (polantas) pun terpaksa mengalihkan arus kendaraan ke jalur alternatif, seperti Jalan AP Pettarani hingga Jalan Mannuruki Raya, Makassar.

Selain menyandera truk, massa aksi tampak mengumpulkan batu ke badan jalan. Massa aksi juga mulai membakar ban di badan jalan.

Demo sumpah pemuda mahasiswa di Makassar berlanjut hingga malam.Ada 5 truk kontainer yang disandera mahasiswa di Jalan Alauddin Makassar saat unjuk rasa di hari Sumpah Pemuda. (Hermawan/detikcom)

Untuk diketahui, mahasiswa di Makassar melakukan unjuk rasa di sejumlah titik dalam rangka hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Momen ini digunakan massa untuk mengevaluasi 2 tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Sejumlah isu yang dikritik sejak beberapa tahun terakhir, yakni meminta penghapusan undang-undang omnibus law, menuntaskan pelanggaran HAM, upaya pembungkaman masyarakat sipil, hingga meminta percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat Pandemi COVID-19, kembali disuarakan dalam aksi kali ini.

Lihat juga video 'Mahasiswa Demo Papua Merdeka di Makassar Dibubarkan Ormas':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)