'Sahabat Luhut' Deklarasi Dukung Luhut Jadi Capres 2024

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 17:59 WIB
Deklarasi Sahabat Luhut For Presiden 2024 (Datuk-detikcom)
Foto: Deklarasi Sahabat Luhut For Presiden 2024 (Datuk-detikcom)
Medan -

Sejumlah orang menamakan diri 'Sahabat Luhut For Presiden 2024' mendeklarasikan dukungan kepada Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuju Pilpres 2024. Mereka mengaku kagum dengan kinerja Luhut.

"Melihat jejak rekam LBP (Luhut Binsar Pandjaitan), Pak Luhut di pemerintahan Jokowi kita kagum. Beberapa kebijakan strategis dan pendekatan persuasif familiar terhadap rakyat. Dengan spontanitas, melihat jejak rekam selama pemerintahan Presiden Jokowi, dengan cecaran grass root di tengah masyarakat. Kita bangga bahwa LBP menjadi putra terbaik di bangsa ini," kata Ketua Deklarasi Sahabat Luhut For Presiden 2024, Toni Togatorop, kepada wartawan, Kamis (28/10/2021).

Toni mengatakan Luhut bisa melanjutkan kebijakan Jokowi di bidang apapun. Toni mengklaim deklarasi ini digelar tanpa diketahui Luhut.

"Tidak. Tidak mendapat restu dari beliau dan deklarasi ini beliau tidak tahu. Kita mau ngajak rakyat di Sumut khususnya, maupun Indonesia menyuarakan seperti suara kami," sebut Toni.

Toni mengaku pihaknya bakal menyerahkan deklarasi tersebut ke Luhut. Di berharap Luhut menerima dukungan dari pihaknya.

"Dalam waktu dekat, kita akan serahkan ke beliau, masalah diterima dan tidak diterima itu hak beliau. Kita berharap agar LBP turut serta menyukseskan pesta demokrasi rakyat. Karena beliau adalah putra bangsa terbaik," sebut Toni.

"Kalau beliau menolak, kita tak lagi berdosa bahwa kita sebagai warga negara yang melihat para tokoh kita ini. Kita di dorong Tuhan yang Maha Kuasa, pilih lah anak bangsa yang terbaik," sambungnya.

Dia mengaku tak akan mengalihkan dukungan di tengah jalan. Meski demikian, dia menegaskan tetap menunggu arahan Luhut.

"Tidak. Tidak kita alihkan kecuali ada arahan bahwa ada dilahirkan Tuhan putra bangsa ini yang terbaik sama dengan LBP. Bisa saja, itu kan dinamis. Kita tetap menunggu arahan," tutur Toni.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Soal Dukungan Nyapres 2024, Luhut: Jangan Pernah Mimpi Muluk-muluk!':

[Gambas:Video 20detik]



Kata Luhut Soal Dukungan Jadi Capres

Luhut sempat buka suara soal dukungan sejumlah pihak agar dirinya maju di Pilpres 2024. Dia menyebut pengabdian kepada negara tak harus menjadi presiden.

"Apa hanya harus jadi Presiden dulu baru bisa mengabdi? Kan kita bisa semua ngabdi dan berkarya sesuai porsi kita masing-masing. Jangan pernah mimpi muluk-muluk, just do it the best," ungkap Luhut dalam acara yang disiarkan virtual di YouTube Kemenkomarves, Selasa (12/10).

"Saya sampaikan panjang lebar karena kita harus bicara itu, kita ini jangan hanya jabatan-jabatan saja," sambungnya.

Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi, juga menegaskan Luhut tidak memiliki niatan nyapres. Dia mengatakan pihaknya tidak tahu menahu soal relawan yang mengatasnamakan Luhut.

"Tidak ada niatan nyapres, (soal relawan pendukung Luhut) kita tidak tahu menahu," kata Jodi kepada detikcom, Minggu (10/10).

(haf/haf)