Danpuspenerbad Puji Kemhan yang Dukung Anggaran Pemeliharaan Alutsista

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 16:55 WIB
Menhan Prabowo Subianto
Foto: Kemhan
Jakarta -

Komandan Pusat Penerbangan AD (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso menyampaikan apresiasi terhadap Kementerian Pertahanan (Kemhan). Apresiasi tersebut disampaikan atas dukungan anggaran secara langsung yang diberikan kepada Puspenerbad dalam hal pemeliharaan alutsista.

"Belum ada sejarahnya Penerbad ini, untuk pemeliharaan itu didukung oleh anggaran Kemhan," kata Mayjen TNI Teguh dalam keterangan tertulis, Kamis (28/10/2021).

Hal tersebut disampaikan dalam acara penyerahan Helicopter Bell 412 EP HA-5179 dan HA-5185 yang telah selesai overhaul pada Rabu (27/10) kemarin.

Untuk diketahui, pemeliharaan alutsista masing-masing unit biasanya didukung oleh anggaran rutin Belanja Barang dari masing-masing angkatan. Namun demikian, di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sebagian dari kegiatan pemeliharaan didukung langsung oleh anggaran Kemhan untuk mempercepat terwujudnya peningkatan kesiapan operasional alutsista.

Sementara itu, Prabowo dalam sambutannya usai menyaksikan penyerahan Helicopter Bell 412 EP HA-5179 dan HA-5185 tersebut menekankan bahwa di tengah upaya Kemhan memenuhi kebutuhan Alutsista TNI.

Kemhan juga memperhatikan pemeliharaan Alutsista TNI yang optimal dalam rangka meningkatkan kesiapan operasional TNI dan mewujudkan zero accident.

"Rakyat kita menginginkan alutsista agar dapat digunakan sebaik-baiknya," kata Prabowo.

Prabowo pun menegaskan komitmen Kementerian Pertahanan dalam mendukung perawatan Alutsista TNI. Hal ini diwujudkan dengan terus memaksimalkan penggunaan anggaran pertahanan untuk pengadaan dan perawatan Alutsista TNI.

(ega/ega)