Polisi Bagi-bagi Masker ke Massa Demo di Patung Kuda: COVID Masih Ada!

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 16:49 WIB
Polisi bagi-bagi masker kepada pendemo di Patung Kuda Jakpus
Polisi bagi-bagi masker kepada pendemo di Patung Kuda Jakpus. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah petugas kepolisian membagikan masker gratis kepada massa yang menggelar aksi di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat. Melalui alat pengeras suara, polisi mengingatkan bahwa Indonesia masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Perhatian! Petugas kepolisian dari Polres Metro Jakarta Pusat akan mulai membagikan masker. Harap jangan berebut. COVID masih ada! ganti maskernya karena tadi basah sesudah hujan," ucap seorang petugas kepolisian menggunakan pengeras suara di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) dekat Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021).

Selain itu, tampak petugas kepolisian membagikan roti kepada massa aksi. Tak lupa, petugas petugas turut menyampaikan rasa terima kasih kepada massa karena telah menggelar aksi secara damai.

"Kita juga akan membagikan roti gratis. Tolong jangan berebut. Kita harap semua kebagian. Terima kasih dari kami Polres Metro Jakarta Pusat karena telah menggelar aksi tanpa ada aksi anarkis dan perusakan, terima kasih," terang petugas.

Para peserta terlihat menyambut pemberian masker dan roti dari polisi tersebut dengan bertepuk tangan. Mereka tampak membagikan masker tersebut kepada peserta aksi lainnya.

Spanduk Peringatan Gelombang Ketiga COVID

Spanduk peringatan potensi munculnya gelombang ketiga COVID-19 terlihat terpasang di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat. Spanduk dipasang di jembatan penyeberangan orang (JPO) di depan gedung Sapta Pesona.

"Potensi Munculnya Gelombang Ketiga Penyebaran COVID-19 Karena: Adanya Kerumunan dan Tidak Mentaati Prokes," demikian tulisan salah satu spanduk.

"Kerumunan dan Tidak Taat Prokes Berpotensi Terjadinya Gelombang Ketiga Penyebaran COVID-19," demikian isi spanduk lainnya.

Seperti diketahui, elemen buruh dan mahasiswa dari BEM Universitas Indonesia (UI) akan menggelar aksi unjuk rasa hari ini. Setidaknya ada 1.000 massa buruh dan 200 massa BEM SI yang turun di aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada hari ini.

"Sekitar 1.000 dari Gebrak (Gerakan Buruh Bersama Rakyat). Kita koordinasi dengan mahasiswa. Ada sekitar 200 kalau yang dari BEM SI," kata Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Nining Elitos kepada detikcom, Kamis (28/10).

(rak/lir)