FUI Banten ke DPR, Bahas Kasus Habib Rizieq hingga 'Terorisasi' Munarman

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 13:31 WIB
FUI Banten dan Kuasa Hukum HRS temui Komisi III DPR
FUI Banten dan kuasa hukum HRS menemui Komisi III DPR. (Alfons/detikcom)

Komisi III DPR Bakal Teruskan Aspirasi

Kemudian anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengaku pihaknya sudah menerima sejumlah yang disampaikan oleh kuasa hukum Habib Rizieq dan FUIB. Dia menyebut akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada institusi terkait.

"Saya sudah izin pimpinan untuk menampung aspirasi ini. Selanjutnya kami akan perjuangkan semaksimal mungkin semampu kami agar semua mendapatkan keadilan. Iya, nanti kan kita akan masuk ke masa sidang besok minggu depan. Nanti setiap mitra yang terkait kami akan berkoordinasi dengan Pak Aziz, apa saja yang ingin dititipkan apa saja yang ingin ditanyakan," ujarnya.

Lebih lanjut, Habiburokhman menjelaskan keluhan yang disampaikan oleh perwakilan FUIB dan kuasa hukum Habib Rizieq. Dia menyebut salah satunya berkaitan dengan penangkapan Munarman.

"Iya, secara garis besar tentu ada hal-hal yang dirasakan tidak adil, misal Pak Munarman yang proses penangkapannya dipertanyakan, lalu dipertanyakan juga kapan persidangannya. Nah, kita tentu nanti dengan pihak terkait akan mempertanyakan bagaimana sih proses penangkapannya, lalu sejauh mana. Kan ini sudah cukup lama, Pak Munarman ini sudah 7 bulan, update-nya seperti apa, harusnya kan kalau diproses peradilan lebih cepat lebih baik, lebih cepat mendapatkan keadilan orang tersebut," jelasnya.

Kemudian Habiburokhman menyebut pihaknya juga akan mengkritisi terkait pengadilan yang berjalan di kasus penembakan enam anggota laskar FPI. Dia bakal mempertanyakan aspirasi pihak FUIB dan kuasa hukum Habib Rizieq soal sejumlah saksi yang tidak dihadirkan oleh kejaksaan.

"Kemudian juga kritisi terhadap pengadilan yang berjalan di kasus 6 laskar penembakan. Kita juga ada hal-hal misalnya pihak-pihak yang menurut teman-teman ini layak dijadikan saksi. Kami juga akan tanyakan kepada jaksa mengapa ini tidak dijadikan saksi," tuturnya.

Hal terakhir, kata Habiburokhman, yakni berkaitan dengan kasus RS Ummi Habib Rizieq Shihab. Dia bakal meneruskan aspirasi berkaitan dengan hak-hak Habib Rizieq.

"Kemudian soal hak-hak Habib Rizieq, beliau masih jalani satu proses terakhir RS Ummi, tentu kami tidak akan intervensi masalah hukumnya, persidangannya, tapi hak-hak beliau apa misal mendapat remisi, asimilasi dsb, kemudian jaminan keselamatan beliau, itu kami akan pertanyakan tentang beliau kepada mitra-mitra kami terkait ya," sebutnya.


(maa/tor)