Jelang Demo Mahasiswa-Buruh, 1.955 Aparat Gabungan Siaga Depan Istana

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 10:40 WIB
Suasana di depan Kedubes AS, titik kumpul massa
Suasana di depan Kedubes AS (Rakha Arlyanto/detikcom)
Jakarta -

Ribuan personel gabungan dari TNI-Polri disiagakan menjelang aksi demo Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Selain itu, kawat berduri disiagakan di sekitar lokasi.

"(Sebanyak) 1.955 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah provinsi (pemprov) dan kawat berduri," ucap Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto kepada detikcom, Kamis (28/10/2021).

Situasi arus lalu lintas di sekitar Istana Negara masih terpantau normal hingga pukul 10.20 WIB. Belum ada penutupan jalan yang diberlakukan oleh petugas kepolisian.

"Saat ini masih normal," kata Sam.

Rencananya, massa akan berkumpul di depan Kedubes AS. Pantauan detikcom di titik kumpul aksi, tepatnya di depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pukul 10.00 WIB, suasana masih terpantau sepi. Belum tampak pergerakan massa aksi di sekitar lokasi.

Tampak arus lalu lintas di Jl Medan Merdeka Selatan masih normal. Belum ada penutupan maupun pengalihan lalu lalu lintas.

Seperti diketahui, sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini. Aksi unjuk rasa itu akan digelar tepat di Hari Sumpah Pemuda atau 28 Oktober.

"Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 di tengah catatan-catatan Tahun kepemimpinan rezim Jokowi-MA, Pemerintah gagal mensejahterakan rakyat," kata Ketua Sentral Gerakan Buruh Nasional (SGBN) M Yahya kepada wartawan, Selasa (26/10).

Yahya mengungkapkan aksi unjuk rasa itu rencananya akan digelar pada pukul 11.00-17.00 WIB. Titik kumpul demonstran berada di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat.

"Massa aksi kurang-lebih 500 orang," ujarnya.

(rak/mea)