Round-Up

PD Bertanya-tanya Setelah Serangan Hasto ke SBY Seolah Tak Ada Habisnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 06:45 WIB
Hasto Kristiyanto
Foto: Hasto Kristiyanto (dok.PDIP)
Jakarta -

Serangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY seolah tiada habisnya. Partai Demokrat pun sampai bertanya-tanya.

Dalam catatan detikcom, Kamis (28/10/2021), serangan pertama Hasto Kristiyanto dilontarkan saat membuka webinar bertajuk 'Penganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata', yang digelar di kantor DPP PDIP, Kamis (21/10/2021).

"Berbagai apresiasi sudah diberikan kepada Presiden Jokowi, dan kita sebagai partai pengusung pun ikut bangga bagaimana kepemimpinan Pak Jokowi yang turun ke bawah, melihat akar persoalan pokok dari COVID-19 dan kemudian mencari solusi menyeluruh dimulai dari refocusing anggaran, kebijakan yang menyeimbangkan antara pembatasan sosial dan pertumbuhan ekonomi serta terdepan dalam pengadaan vaksin," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis.

Jokowi, kata Hasto, punya kelebihan dibandingkan Presiden RI sebelumnya. Dia menyebut Presiden RI 10 tahun lalu terlalu banyak mengadakan rapat dan tidak mengambil keputusan.

"Pak Jokowi punya kelebihan dibanding pemimpin yang lain. Beliau adalah sosok yang turun ke bawah, yang terus memberikan direction, mengadakan ratas (rapat kabinet terbatas) dan kemudian diambil keputusan di rapat kabinet terbatas. Berbeda dengan pemerintahan 10 tahun sebelumnya, terlalu banyak rapat tidak mengambil keputusan," ujar Hasto.

Selanjutnya, Hasto menyebut secara kualitatif, ada kecurangan masif saat pemilu di era SBY. Dia mengatakan ada manipulasi pada data daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2009. Hasto juga menyinggung soal bantuan sosial atau bansos era SBY.

"Kemudian aspek kualitatifnya, bagaimana penyelenggaraan pemilu. Pada 2009 itu kan kecurangannya masif, dan ada tokoh-tokoh KPU yang direkrut masuk ke parpol hanya untuk memberikan dukungan elektoral bagi partai penguasa. Ada manipulasi DPT dan sebagainya," kata Hasto.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Simak Video: Hasto 3 Kali Sindir SBY, PD Singgung Data Kemiskinan-Pengangguran

[Gambas:Video 20detik]