Wagub DKI Beri Penjelasan Usai Sebut Sopir TransJ Tewas Tersangka

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 23:11 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sempat menyebut sopir TransJakarta yang tewas dalam kecelakaan maut di Cawang sudah ditetapkan sebagai tersangka, meskipun polisi belum menetapkan status hukumnya. Riza pun memberi penjelasan.

"Jadi ya untuk perlu diketahui hasil koordinasi antara Dishub dan Polda beberapa waktu lalu setelah kami tanya informasi dari Dishub kemarin, memang ada potensi tersangka dari sopir itu sendiri," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (27/10/2021).

Meskipun begitu, Riza enggan mendahului kepolisian dalam mengumumkan status tersangka. Dia meminta semua pihak menunggu hasil penyelidikan polisi.

"Supaya lebih jelas, lebih pasti, kita menunggu pengumuman dari Polda. Jadi kewenangan Polda," ujarnya.

Imbas dari insiden ini, Riza menginstruksikan jajarannya untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh. Khususnya engenai manajemen waktu bekerja hingga pemantauan kesehatan bagi petugas TransJakarta.

"Tentu dari Trans akan melakukan evaluasi terkait jam kerja, kesehatannya akan kita evaluasi kembali, akan kita tingkatkan kembali. Memang ini tidak mudah seperti yang saya sampaikan, sekalipun sudah dibagi sehari itu ada tiga sif, tapi itu juga perlu konsentrasi, perlu kesehatan yang lebih prima," ucapnya.

Seperti diketahui, Riza menyebut sopir TransJakarta yang tewas dalam kecelakaan itu sudah ditetapkan jadi tersangka. Dia meminta PT TransJakarta melakukan evaluasi secara menyeluruh agar kejadian serupa tak terulang.

"(Terkait) TransJakarta cukup prihatin, sama yang meninggal 2 orang, yang luka-luka sudah ditangani dan kebetulan pengendaranya jadi tersangka ya. Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran yang baik bagi kita semua untuk berhati-hati," kata Riza di Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (26/10).

Politikus Gerindra itu meminta agar insiden ini dijadikan pembelajaran bagi seluruh pihak. Terutama, dia mewanti-wanti sopir bus TransJakarta agar dapat berhati-hati ketika berkendara.

Simak bantahan polisi di halaman selanjutnya.

Simak Video: Fakta-fakta Terbaru soal Kecelakaan Maut Bus TransJakarta

[Gambas:Video 20detik]