Eks Sekretaris KPU Sergai Jadi Tersangka Kasus Korupsi Hibah Rp 1,2 M

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 18:41 WIB
Poster
Ilustrasi korupsi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Rp 1,2 miliar. Salah satu tersangka dalam kasus ini ialah mantan Sekretaris KPU Sergai Darma Eka Surbakti.

"Ada tiga tersangka yang kita tetapkan. Pertama itu kuasa pengguna anggaran (KPA) Darma Eka Surbakti, dia mantan Sekretaris KPU. Kemudian pejabat PPK Khairul Mitha Nasution dan bendahara pengeluaran pembantu bernama Rahman," kata Kasi Intel Kejari Sergai Agus Atmajaya kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Agus mengatakan dana yang diduga korupsi itu adalah dana hibah Pilkada 2020 dengan total Rp 36,5 miliar. Dari hasil audit, kata Agus, ditemukan dugaan korupsi Rp 1,2 miliar.

"Setelah diaudit, berdasarkan hasil audit itu, terjadi kerugian negara sekitar Rp 1,2 miliar," ujar Agus.

Agus menyebut ketiga tersangka sudah ditahan di Lapas Tebing Tinggi. Penahanan dilakukan selama 20 hari untuk proses pemeriksaan.

Agus menjelaskan pihaknya masih terus mengusut kasus ini. Dia menyebut masih ada kemungkinan penambahan tersangka dalam kasus ini.

"Kalau kemungkinan tersangka bertambah, masih terbuka. Kita lihat nanti," jelasnya.

Penetapan tersangka ini dilakukan berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan Kejaksaan di KPU Sergai. Ketiga tersangka dijerat UU Pemberantasan Tipikor.

"Dikenakan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi," jelasnya.

(haf/haf)