Ketua DPD & Petinggi Golkar Sulsel Ikuti Kuliah Umum Profesor Singapura

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 18:36 WIB
DPD I Partai Golkar Sulsel
Foto: dok. DPD I Partai Golkar Sulsel
Jakarta -

Ketua DPD I Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) Taufan Pawe bersama sejumlah petinggi DPD Golkart Sulses mengikuti Kuliah Umum Golkar Institute melalui virtual di Kantor Golkar Sulsel. Agenda tersebut dibuka oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kuliah umum Golkar Institute pada Rabu menghadirkan Dosen Praktik Kebijakan Publik dan Dekan Lee Kuan Yew School of Public Policy di Universitas Nasional Singapura, Professor Kishore Mahbubani sebagai pemateri. Mantan diplomat Singapura itu membawakan materi bertema 'lIndonesia's Leadership in the G20: Post-Pandemic Challenges and the Aspiration of Emerging Countries'.

Taufan Pawe menyebut berbagai program Golkar Institute membuktikan semangat Ketua Umum Airlangga Hartarto menghadirkan Golkar sebagai partai modern dan cerdas.

"Golkar institute hadir untuk membuktikan kepada masyarakat luas bahkan internasional dan diakui di Asia Tenggara sebagai partai yang betul-betul menuju partai modern dan cerdas. Apalagi nanti akan menjadi program magister," ujar Taufan dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

Wali Kota Parepare dua periode menyatakan kesiapannya melaksanakan dan mensukseskan Golkar Institute di Kota Makassar yang tak lama lagi akan digelar.

"Golkar Institute merupakan terobosan visioner dari Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto. Tujuan akhir program Airlangga Hartarto ini ingin melahirkan politikus handal dari Golkar yang mewujudkan kebijakan mensejahterakan masyarakat dan kemajuan daerah," tutur Taufan.

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Zulham Arief mengatakan,persiapan pembukaan Golkar Institute di Kota Makassar terus dimatangkan. Ia menerangkan Golkar Institute merupakan sekolah pemerintahan dan kebijakan publik berbasis partai politik pertama di Indonesia yang bertujuan membangun kapasitas para pemimpin Indonesia dengan landasan yang kuat di bidang ekonomi, politik, dan kepemimpinan.

"Insyaallah Golkar Institute akan kita laksanakan juga di Makassar, sebelumnya Ketua Golkar Institute Pak Ace Hasan Syadzily sudah rapat dengan ketua TP (Taufan Pawe). Beliau tegaskan Sulsel siap melaksanakan program sekolah pemerintahan dan kebijakan publik tersebut," ungkap Zulham.

Ia mengatakan Golkar Institute di Makassar kemungkinan dilaksanakan pada pertengahan November 2021 mendatang. Pelatihan akan diikuti oleh 50 peserta. Seleksi peserta dilakukan oleh Pengurus DPD Tingkat I Partai Golkar dengan kriteria yang telah ditentukan.

"Sesuai jadwal, dilaksanakan bulan November. Syaratnya harus di bawah 40 tahun, tapi ketua TP berharap pesertanya lebih muda lagi, karena ini investasi jangka panjang Partai Golkar dalam ciptakan pemimpin muda," terang Zulham.

Sejumlah petinggi DPD I Golkar Sulsel turut hadir dalam kuliah umum Golkar Institute, antara lain Marzuki Wadeng, Andi Ina Kartika Sari, La Kama Wiyaka, Rahman Pina, dr Salwa Mochtar, Arfandy Isdris, Fahruddin Rangga dan Jhon Rende Mangontan (JRM). Selain itu turut hadir alumni Golkar Institute asal Sulsel seperti Zulham Arief, Mudassir Hasri Gani, dan Irwandi Burhan.

(prf/ega)