Kapolda Tindak Tegas Polisi Tembak Polisi di Lombok Timur: Akan Saya Pecat!

Faruk Nickyrawi - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 16:02 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal. (ANTARA/Dhimas BP)
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal (ANTARA/Dhimas BP)
Mataram -

Kapolda NTB Irjen Muhammad Iqbal menegaskan pihaknya akan menindak tegas oknum polisi berinisial MN (36) yang menembak sesama rekannya yang juga polisi. Setelah proses pidana selesai, MN akan diproses pemecatan.

"Saya selaku Kapolda NTB akan memproses sesuai aturan yang berlaku dengan tegas, dan saya pastikan oknum tersebut diproses pidana dan akan saya pecat sesuai dengan mekanismenya," ujar Iqbal dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

MN dipastikan telah melanggar kode etik Polri dan melanggar pasal 338 dan atau pasal 340 KUHP tentang pembunuhan atas tindakannya menembak rekannya. Iqbal juga menyebut telah melakukan gelar perkara kasus tersebut.

Dia menjelaskan, pelanggaran yang dilakukan MN berkaitan dengan sanksi disiplin dan kode etik Polri sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2/2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri dan Peraturan Kapolri Nomor 43/2004 tentang Tata Cara Penyelesaian Pelanggaran Disiplin bagi Anggota Polri.

Menurut Iqbal, sanksi dipecat dari Polri diputuskan melalui sidang komisi kode etik profesi Polri. Hal tersebut diatur dalam Pasal 13 Peraturan Pemerintah Nomor 2/2003 tentang Peraturan Disiplin Polri.

Sementara itu, Dirkrimum Polda NTB Kombes Hari Brata menegaskan tersangka MN dinyatakan terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap korban HT.

"Berdasarkan fakta hasil penyidikan, telah memenuhi unsur pidana dengan menerapkan tindak pidana pembunuhan berencana sub menghilangkan jiwa orang lain sebagaimana dimaksud dalam pasal 340 KUHP Sub 338 KUHP," ungkap Hari Brata.

Dari hasil gelar perkara ini, Hari Brata bersama jajaran lainnya memerintahkan penyidik untuk melakukan prarekonstruksi peristiwa tersebut.

"Akan dilakukan prarekonstruksi ulang untuk mengetahui peristiwa pidana secara utuh," ujarnya.

Simak video 'Oknum Polisi di Lombok Timur Tembak Rekan Hingga Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)