Dasar Hukum Indomaret Bekasi Persilakan Warga Ditagih Parkir Lapor Polisi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 15:37 WIB
donat indomaret
Indomaret (Foto: istimewa)
Bekasi -

Indomaret menjadi sorotan setelah spanduk parkir gratis di salah satu gerainya di Kota Bekasi, Jawa Barat, viral di media sosial (medsos) Twitter. Indomaret menggunakan sejumlah dasar hukum terkait kebijakan menggratiskan uang parkir.

Dalam spanduk yang terpasang di depan salah satu gerainya, Indomaret meminta para pelanggannya melaporkan ke polisi bila ada yang meminta uang parkir. Para pelanggan Indomaret bisa melapor ke polisi atas dasar Pasal 368-371 KUHP.

"Parkir Gratis. Khusus konsumen Indomaret, apabila ada pihak meminta uang parkir dan Anda merasa dirugikan, silakan laporkan Pasal 368-371 KUHP ke Polsek terdekat," demikian potongan kalimat di spanduk warna kuning itu.

Pasal 368 berbunyi:

Barangsiapa dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak, memaksa orang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan, supaya orang itu memberikan barang, yang sama sekali atau sebagiannya termasuk kepunyaan orang itu sendiri kepunyaan orang lain atau supaya orang itu membuat utang atau menghapus piutang, dihukum karena memeras, dengan hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun.

Sementara, Pasal 371 berbunyi:

Pada waktu menjatuhkan hukuman karena salah satu kejahatan diterangkan dalam bab ini, dapat dijatuhkan hukuman pencabutan hak yang tersebut dalam pasal 35 No. 1-4.

Dalam spanduk itu mencantumkan nomor polisi yang bisa dihubungi, yakni nomor Polsek Bekasi Selatan dan Polres Metro Bekasi.

detikcom menghubungi Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf, untuk meminta penjelasan mengenai kebijakan Indomaret di Bekasi tersebut. Dia membenarkan adanya kebijakan parkir gratis bagi konsumen Indomaret di Bekasi.

"Itu hasil koordinasi dengan pemda dan kepolisian," kata Wiwiek kepada detikcom, Kamis (27/10/2021).

Spanduk itu bertujuan membuat pengunjung Indomaret lebih nyaman. "Agar konsumen lebih convenience," kata Wiwiek.

Kebijakan parkir gratis di Indomaret Bekasi ini pun viral di medsos. Banyak netizen yang mengapresiasi dan berharap kebijakan ini bisa diterapkan di seluruh Indomaret di Indonesia.

Selain apresiasi, ada akun-akun media sosial yang mengkritik unggahan foto Indomaret Bekasi yang menggratiskan parkir. Akun @Alnmaulana0, misalnya. Dia mengajak warga pengunjung Indomaret di mana pun berpikir mengenai kondisi ekonomi tukang parkir Indomaret bila semua parkir Indomaret digratiskan.

Akun @marmutmerahati justru sedih bila semua parkir Indomaret digratiskan. Konsumen hanya perlu mengeluarkan Rp 2.000 untuk tukang parkir yang butuh menafkahi keluarganya. Namun, bila kebijakan itu diperluas ke seluruh Indomaret atau minimarket lainnya, entah bagaimana nasib tukang parkir semacam itu selanjutnya.

Ada pula akun @Manusiatuwa yang merespons bahwa kerja tukang parkir itu terlalu mudah dibanding usaha pencari nafkah lainnya. Lagi pula tukang parkir di minimarket, menurut akun itu, tidak mengamankan helm ketika hujan. Konsumen juga hanya singgah sebentar, tidak sampai 30 menit.

Lihat juga Video: Wanita Malah Marah saat Ditegur Parkir Depan Toko Orang, Ini Aturannya

[Gambas:Video 20detik]



(isa/bar)