Ini Pemenang Lomba Karya Tulis PUPR Hari Habitat Dunia, Ada Namamu?

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 13:05 WIB
PUPR
Foto: PUPR
Jakarta -

Kamu detikers yang tempo hari sudah ikutan lomba karya tulis yang diadakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)? Nah, ini pengumuman pemenangnya. Apa kamu salah satunya?

Kementerian PUPR mengadakan lomba karya tulis dalam rangka memperingati dalam rangka Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (KHD) yang jatuh pada bulan Oktober. Perlombaan yang dilaksanakan pada 1-15 Oktober tersebut mengusung tema Gerakan #AyoDietKarbon, sebagai aksi nyata komunitas untuk mewujudkan pengurangan emisi karbon dan kawasan perkotaan yang berketahanan iklim.

Ada beberapa lingkup artikel yang dilombakan pada program ini antara lain pengelolaan persampahan (zero waste, food waste, electronic waste, recycle product), pemanfaatan energi terbarukan/ efisiensi energi.

Ada juga penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) untuk penyerapan emisi, aktivitas berbasis masyarakat untuk mengurangi jejak karbon (contoh gerakan sustainable fashion) dan pelaksanaan urban farming. Pada perlombaan ini Kementerian PUPR membagi dua kategori, yakni karyawan PUPR dan masyarakat umum.

Kementerian PUPR juga telah menyiapkan hadiah jutaan rupiah dengan rincian Juara I untuk setiap kategori mendapatkan uang tunai Rp 3,5 juta, Juara II untuk setiap kategori mendapatkan uang tunai Rp 2,5 juta, dan Juara III untuk setiap kategori mendapatkan uang tunai Rp 2 juta. Sementara itu, karya tulis terbaik akan mendapatkan saldo e-wallet sebesar Rp 500.000.

Usai menimbang, juri pun telah mengeluarkan nama-nama juara untuk lomba kali ini. Berikut daftar pemenangnya.

Kategori Umum:

Juara 1: Melynda Dwi Puspita (#AyoDietKarbon, Menjadi Lebih Pintar dari Sebuah Smartphone)

Juara 2: Natalia Tampubolon (Konsep Pocket-Park Sebagai Solusi Green Public Space Dalam Penyerapan Emisi Karbon Co2 Pada Kota Padat Penduduk Di Perkotaan Indonesia)

Juara 3: Heppyan Redy (School Waste Bank Project As Environmental Education At Sekolah Alam Lampung Junior High School)

Kategori Insan PUPR:

Juara 1: Anita Listyarini (Lakukan Adaptasi Ini dari Rumah untuk Mengurangi Emisi Karbon)

Juara 2: Irene Roselynda Prabarani (Hunian Minimalis Ramah Lingkungan, Hunian Milenial Tanpa Bikin 'Kembang Kempis')

Juara 3: Ratu Veby Renita (Belanja Online vs Belanja Offline: Manakah yang Mendukung Diet Karbon?)

14 Karya Favorit:

1. Bagus Septiangga (Smartphone dan Ancaman Polemik Electronic Waste di Tengah Pesatnya Perkembangan Teknologi di Kawasan Perkotaan)
2. Yusuf Adinegoro (Penerapan Teknologi Jalan Pengisi Daya Nirkabel Untuk Efisiensi Energi dan Bebas Karbon)
3. Lulut Laraseta (Strategi Rumah Hemat Listrik)
4. Muhammad Hero Umar Renaldi (Kolaborasi Plastik Dan Arsitektur Mewujudkan Bumi Yang Ramah Lingkungan. Seberapa Signifikan?)
5. Retno Kumala Wardan (Adaptasi Pandemi Dukung Implementasi Diet Karbon Wujudkan Kebiasaan Baru Masyarakat Perkotaan Berketahanan Iklim)
6. Maylinda Permata Sari (Walkable City untuk Kota Berkelanjutan dengan Emisi Nol Karbon)
7. Retno Rasmi Rosati (Jaga Bumi, maka Bumi akan Menjaga Masa Depanmu)
8. Andi Mutia Tenri Bali (Tanaman Pohon Obat Penyerap Emisi Mendukung Ruang Terbuka Hijau (Rth) Jalan Di Kawasan Perkotaan)
9. Samuel Liputra (Pengembangan kawasan Green Energy berbasis Technohome)
10. Tonni Agustiono Kurniawan (Menuju digitalisasi dalam industri daur ulang sampah di tengah pandemi Covid-19: Perubahan untuk ekonomi sirkular di Indonesia)
11. Ridhan Mulki Hidayat Jati (PANJALU (Installation of Clay Absorptive Pipes): Inovasi Pemanfaatan Serbuk Lempung Aktif (Bentonit) sebagai Absorban Bau, Warna, Tingkat Keasaman (pH), Kadar Karbon (C), Merkuri (Hg) serta Jumlah Bakteri Pada Limbah Cair Industri Kertas Mewujudkan Pengurangan Emisi Karbon Kawasan Perkotaan)
12. Ridwan Yudhaprayoga (Kuota Jalur Sepeda Emas)
13. Erdin Rusandy Sahfitrah (Efektivitas Suroboyo Bus Dalam Mengorganisir Pemanfaatan Limbah Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Dan Optimalisasi Mobilitas Kolektif Di Kota Surabaya)
14. Urip Yustono (Mengurangi Emisi Karbon Dengan Menggalakkan Energi Terbarukan)


Selamat untuk para pemenang yang telah meraih hadiah dari Kementerian PUPR. Bagi yang belum beruntung jangan patah semangat dan tetap kembangkan skill menulismu.

Pemenang akan segera dihubungi oleh tim detikcom melalui DM Instagram. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi Instagram Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat di sini.

(ega/ega)