Round-Up

Gelaran Konser BTS di Jakarta Ternyata Baru Penjajakan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 21:34 WIB
Long project photo story karya fotografer Pradita Utama ini merekam perjalanan panjang Jakarta International Stadium sejak tahun 2018-2021. Begini penampakannya.
Pembangunan JIS (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Boyband K-Pop BTS diwacanakan bakal konser di Jakarta International Stadium (JIS) tahun depan. Namun BTS konser di JIS baru penjajakan.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto mengatakan JIS mampu memfasilitasi event kelas international. Termasuk konser BTS.

"Sound system-nya juga menggunakan echo. Jadi, kalaupun nanti ada BTS, rencana BTS akan manggung juga mungkin di tahun depan, itu nanti menggunakan sound yang bagus," tutur Widi, kepada wartawan, seperti dikutip Antara, Jumat (22/10/2021).

Widi mengatakan JIS memiliki atap stadion yang bisa dibuka-tutup, sehingga suara ketika konser akan maksimal.

"Atap kita tutup, jadi suaranya sangat bagus, beda dengan yang di GBK, karena kita pakai sound system canggih, sudah diperhitungkan," ungkap Widi.

Widi menyebut JakPro sudah menjalin komunikasi awal dengan pihak manajemen BTS, dan mendapat tanggapan yang cukup baik.

"Sudah ada komunikasi, baru komunikasi awal ya dan mereka ada waktu kosong sebenarnya di bulan tertentu di tahun depan," ujar Widi.

"Respons mereka ya tertarik pastinya ke Indonesia, dan tidak hanya BTS. Jadi nanti kita akan bikin event setiap bulan. Ini kan tertutup, jadi suaranya jauh lebih bagus dari sound system yang kita buat beda," sambungnya.

Kepala Divisi Sekretaris JakPro Nadia Diposanjoyo mengatakan JakPro masih menjajaki BTS untuk menggelar konser di JIS. Nadi menuturkan, dari segi fasilitas, JIS memiliki sound system yang canggih.

"Salah satu grup musik yang dijajaki JakPro untuk menggelar konser di JIS, yakni grup Korean Pop (K-Pop) asal Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS)," ujar Nadia dalam keterangannya, Selasa (26/10).

Nadia menerangkan JakPro melakukan penjajakan untuk kemungkinan menggelar event internasional. JIS juga akan menjadi venue untuk Youth International Championship pada Desember nanti.

"JIS tidak hanya menggelar pertandingan sepakbola saja, melainkan juga event besar lainnya, seperti exhibition maupun konser musik. Untuk mendukung hal tersebut, JIS dilengkapi dengan sistem atap buka-tutup (retractable roof)," tuturnya.

"Berbagai variasi aktivasi yang akan berlangsung pada tahun depan atau ketika stadion berstandar FIFA ini rampung 100 persen, termasuk konser musik internasional asal Korea yang sedang dalam penjajakan dan perencanaan," sambung Nadia.

Nadia menjelaskan spesifikasi teknis peralatan sistem tata suara yang digunakan di JIS merupakan professional sound, yang masuk standar FIFA. Tingkat tekanan suara tidak kurang dari 100dBA dan maksimum 105dBA, dengan toleransi rerata +/- 3.5 dBA.

Saat ini progres pembangunan JIS sudah mencapai 76,52 persen. Targetnya, pada akhir Oktober ini bisa mencapai 80 persen.

"Untuk progres pengerjaan pembangunan fitur unggulan stadion saat ini, sudah memasuki tahap finishing, seperti corporate box, media room, royal lounge, press conference room, dan locker room home and away. Sementara itu, rumput stadion utama hampir mencapai 100% terpasang," ucapnya.

Simak video 'Menengok JIS, Calon Tempat Konser BTS Tahun Depan':

[Gambas:Video 20detik]