Hutama Karya Raih Predikat 'Menuju Informatif' di Anugerah KIP 2021

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 20:58 WIB
Hutama Karya Raih Predikat ‘Menuju Informatif’ di Anugerah KIP 2021
Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta -

Hutama Karya berhasil memperoleh kategori 'Menuju Informatif' dengan perolehan nilai yakni 85,77 dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Penghargaan ini diberikan atas penilaian transparansi informasi oleh badan publik.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan untuk meraih kategori tersebut, Hutama Karya telah melalui serangkaian tahapan dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat tahun 2021 selama tiga bulan pada Juni-Oktober 2021.

"Proses monev yang kami lalui mulai dari pengisian kuesioner, penyiapan video, hingga presentasi oleh masing-masing Badan Publik. Di tahun 2021 Hutama Karya mampu memperoleh hasil yang baik, meningkat 25,19 poin sehingga naik satu peringkat dibanding tahun 2020 yaitu 60,58 dengan kategori Cukup Informatif," jelas Tjahjo dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10/2021).

Tjahjo menyampaikan dalam 2 tahun terakhir, perusahaan berkomitmen untuk dapat melayani kebutuhan informasi dari seluruh stakeholder termasuk masyarakat. Apalagi, kata dia, saat ini perusahaan sedang menggarap berbagai proyek strategis nasional (PSN) termasuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Kami memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai proyek-proyek yang sedang kami garap, tentunya dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Dengan diraihnya penghargaan ini, diharapkan dapat menjadi semangat bagi Hutama Karya untuk terus memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan informasi sebagai nilai tambah perusahaan dan terus berkomitmen dalam pengimplementasian Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," papar Tjahjo.

Tjahjo mengulas di tengah kondisi Pandemi COVID-19, Hutama Karya telah memiliki layanan informasi publik yang dapat diakses secara digital melalui website kip.hutamakarya.com. Selain itu, para pemohon informasi publik juga dapat mengunduh aplikasi Mobile PPID PT Hutama Karya yang tersedia App Store dan Play Store untuk mempermudah alur permohonan informasi publik.

(akd/ega)