Gerindra Kembali Raih Penghargaan Partai Paling Informatif dari KIP

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 18:00 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan prosesi potong tumpeng dalam perayaan HUT ke-12 Gerindra. Prabowo memberikan potongan tumpeng kepada Anies-Sandi.
Partai Gerindra (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Partai Gerindra kembali memperoleh penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) RI. Gerindra meraih penghargaan partai paling informatif dari KIP.

Penganugerahan ini digelar secara virtual, Selasa (26/10/2021). Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi), sementara Gerindra diwakili Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sugiono.

"Masyarakat punya hak untuk tahu dan mengetahui transparansi dari partai kami, serta masyarakat juga berhak mendapatkan informasi sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," kata Sugiono dalam keterangannya.

Sugiono menuturkan Gerindra telah menjadi partai paling informatif sejak 2017. Sugiono memastikan Gerindra akan terus meningkatkan pelayanan untuk mempermudah pemenuhan akses informasi publik Pengelola Informasi dan Data (PPID) DPP Gerindra.

"Tim PPID telah menjalankan tugas untuk menyiapkan, menyediakan dan memberikan data-data yang valid, terbaru, yang dibutuhkan oleh masyarakat secara profesional, cepat, dan gratis, sehingga kami peroleh lima kali berturut-turut," tutur Sugiono.

Sugiono GerindraSugiono (Dok. Gerindra)

Ketua bidang DPP Informasi Strategik Gerindra, Danang Wicaksana Sulistya, mengatakan Gerindra sejak didirikan pada 2008 telah bertekad untuk menjadi partai transparan dan akuntabel.

"Alhamdulillah berkat kerja tim PPID, Partai Gerindra kembali meraih predikat badan publik informatif, yang merupakan kategori tertinggi dari Penganugerahan Keterbukaan Publik dari KIP RI," ucap Danang.

Meski begitu, Danang menekankan bahwa penghargaan bukan menjadi tujuan utama Gerindra. Tujuan utama Gerindra adalah berkomitmen menghadirkan keterbukaan dan akuntabilitas.

"Penghargaan bukan tujuan utama, namun Partai Gerindra selalu komitmen untuk menuju partai yang transparan dan akuntabel, sehingga selalu mendapatkan predikat informatif dari tahun ke tahun," sebutnya.

KIP sendiri memberikan penganugerahan keterbukaan informasi publik ke berbagai lembaga, termasuk partai politik. Dari 337 lembaga, terdapat 83 lembaga informatif. Dalam anugerah ini hanya empat partai politik yang mendapat nilai sebagai partai informatif.

Simak juga video 'PKB Wacanakan Prabowo-Cak Imin, Ini Komentar Gerindra':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/tor)