Sukmawati Cerita Pengalaman Spiritual Saat Kunker PNI di Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 17:07 WIB
Denpasar -

Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri menceritakan pengalaman spiritual hingga dia memutuskan pindah ke agama Hindu. Sukmawati kerap melihat Presiden The Soekarno Center Arya Wedakarna pergi ke Pura.

"Ada lagi selipan bahwa Arya mau ke Pura untuk sembahyang dan itu ibu perhatikan agak sering ya gitu loh. Karena dia saya nilai jadinya oh Arya tuh memang seorang pemuda yang religius dan dari situlah mau nggak mau. Beliau sih bilang, ya kalau ibu mau ikut gitu ya sembahyang ayo, kalau nggak ibu bisa duduk aja di tempat duduk di dekat pura gitu," kata Sukmawati di rumah ibunda Bung Karno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, di Buleleng, Bali, Selasa (26/10/2021).

Sukmawati mengaku senang belajar agama. Setelah mempelajari cara sembahyang agama Hindu, Sukmawati merasa hal itu lebih meresap ke dirinya.

"Ibu senang belajar beberapa agama seperti apa sih cara sembahyangnya, cara berdoanya. Jadi apalagi yang juga sebagian mengalir di leluhur ibu ini. Ya itu pengin tahu cara sembahyang Hindu Bali itu seperti apa, oh rupanya lebih bisa meresap di jiwa ibu gitu," ujar Sukmawati.

Sukmawati mengatakan Arya merupakan sosok religius. Dalam setiap kunjungan kerja PNI, kata Sukmawati, Arya sering pergi ke pura.

"Jadi itulah karena kunjungan kerja, kunjungan kerja dan memang seorang Arya religius. Beliau sering mampir ke Pura. Ya pasti ada gitu di setiap kunjungan kerja politik PNI ya, memperkenalkan PNI. Jadi kalau mau ditanya bagaimana sih caranya, ya itu ngajak ke Pura gimana cara sembahyangnya, mengajarkan ini musti, dengan air dengan beras dengan bunga dengan dupa begitu," ujar Sukmawati.

Simak juga 'Blak-blakan Sukmawati':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/idh)