Usai Disalatkan, Jenazah Sudi Silalahi Diberangkatkan ke TMP Kalibata

Firda Cynthia Anggraini - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 14:03 WIB
Bekasi -

Jenazah eks Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Sudi Silalahi, diberangkatkan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Prosesi pemakaman dilakukan dengan upacara militer.

Pantauan detikcom, Selasa (26/10/2021), jenazah almarhum Sudi Silalahi dibawa ke Masjid Babussalam yang berada di dekat rumah duka di Jatiwarna, Bekasi, untuk disalatkan.

Usai disalatkan, upacara penyerahan jenazah digelar. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Agung menerima jenazah dari pihak keluarga.

"Saya mewakili pemerintah menerima jenazah almarhum Letnan Jenderal Purnawirawan Sudi Silalahi. Selanjutnya jenazah almarhum dimakamkan di tempat pemakamannya, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata," ujar Pramono.

Upacara penyerahan jenazah tersebut dilaksanakan oleh Batalyon Mekanis 202/Tajimalela sebagai pasukan upacara. Anak ketiga almarhum, Bowo, menjadi perwakilan keluarga menyerahkan jenazah kepada pihak TNI.

Mayor Infanteri Matin Al Ghifari bertindak sebagai komandan upacara menginstruksikan agar jenazah dibawa ke dalam ambulans secara formal. Dentuman drum mengiringi jenazah.

Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto hadir di rumah duka almarhum Sudi Silalahi. Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, juga hadir di rumah duka.

"Tentang kehormatan. Jadi setiap ada orang menghadap beliau, orang itu ditanya, 'kamu sudah salat belum? Kalau belum, salat dulu'," ujarnya.

Sebelumnya, Sudi Silalahi meninggal dunia pada Senin (25/10/2021) pukul 23.50 WIB. Sudi Silalahi meninggal dunia di RSPAD.

(haf/haf)