Tito Karnavian Tunjuk Suhajar Diantoro Jadi Plt Sekjen Kemendagri

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 11:14 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menunjuk Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Suhajar Diantoro sebagai Plt Sekjen Kemendagri.
Foto: Dok. Kemendagri
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menunjuk Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Suhajar Diantoro sebagai Plt Sekjen Kemendagri. Tito tak ingin ada kekosongan posisi terlalu lama.

"Untuk itulah saya tidak mau terlalu lama juga (jabatan Sekjen kosong), karena akan berat bagi saya sendirian," ujar Tito saat penyerahan Surat Keputusan Plt Sekjen Kemendagri, Selasa (26/10/2021).

Penunjukkan Suhajar ini menggantikan Muhammad Hudori yang meninggal dunia karena sakit. Tito menyebut keberadaan Sekjen sangat dibutuhkan membantu pelaksanaan tugas Menteri. Terlebih, di Kemendagri tidak ada jabatan wakil menteri.

Tito menilai Suhajar memiliki banyak pengalaman, salah satunya pernah menjadi Plt Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), termasuk Penjabat Gubernur Kepulauan Riau. Suhajar juga pernah ditunjuk Tito sebagai Plh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil).

Eks Kapolri itu berpesan agar Suhajar bisa melakukan rapat tiap minggu membahas belanja komponen Kemendagri. Tito meminta agar belanja komponen terus dipantau.

Tito berharap posisi Sekjen Kemendagri yang sudah kembali terisi bisa menjalankan kegiatan organisasi. Dia juga meminta semua pihak mendukung tugas Suhajar.

(idn/idn)